Generasi Milenial unsur terpenting dalam sistem pertahanan NKRI

Trigger Netmedia - 25 Oktober 2018
Generasi Milenial unsur terpenting dalam sistem pertahanan NKRI
 - ()

KUBU RAYA (triggernetmedia.com) – Generasi muda bangsa adalah unsur terpenting yang menentukan terlaksananya sistem pertahanan semesta yang dianut oleh NKRI. Hal tersebut dikatakan Bupati Kubu Raya Rusman Ali saat membuka kegiatan Pendayagunaan Sumber Daya Manusia Pertahanan Negara di Provinsi Kalimantan Barat di Graha Teddy Kustari Pangkalan Udara Supadio, Rabu (24/10).

“Karenanya segala upaya mempertahankan tegaknya kedaulatan NKRI menjadi hak dan kewajiban seluruh masyarakat Indonesia. Maka pertahanan negara menjadi tanggung jawab semua elemen bangsa terutamanya para generasi muda bangsa,” ujar bupati Rusman Ali.

Dikatakan berbagai aspek kehidupan berbangsa dan bernegara berada di pundak para generasi muda yang diorganisir dengan fungsi pemerintahan. Kepada peserta yang terdiri dari mahasiswa dan pelajar itu, bupati Rusman Ali mengungkapkan saat ini ancaman pertahanan negara tidak lagi datang dari kegiatan perang ataupun ancaman perang.

“Melainkan lebih kompleks muncul dari berbagai upaya dan berbagai kemajuan teknologi. Salah satu ancaman nyata pertahanan NKRI adalah semakin maraknya narkoba masuk ke Indonesia,” ungkapnya.

Semakin banyaknnya anak-anak bangsa yang terpapar oleh penyalahgunaan narkoba, menurut bupati Rusman Ali, kondisi tersebut akan membuat generasi muda bangsa yang tangguh semakin berkurang. Dirinya bahkan mengingatkan, kemajuan teknologi saat ini juga mulai menggerus semangat nasionalisme dan cinta Tanah Air.

Baca juga  Seniman Muda Kota Pontianak Ikuti Event Festival Musik dan Seni di Jerman

“Generasi muda saat ini banyak yang menjadi korban dari kemajuan teknologi. Padahal seharusnya generasi muda bangsa menjadi pelaku dan pemeran aktif perkembangan teknologi. Dengan begitu ide-ide kreatif anak-anak bangsa dapat dituangkan dalam upaya untuk mempertahankan dan menegakkan kedaulatan NKRI. Menanamkan cinta Tanah Air dan bangsa melalui aktivitas-aktivitas di media sosial dan dalam keseharian di masyarakat,” sebutnya.

Bupati Rusman Ali mengimbau generasi muda menyiapkan bekal dalam menyongsong masa depan bangsa. Dirinya mengajak generasi muda mempersiapkan diri dalam upaya menjaga eksistensi NKRI.

“Seperti apa wajah bangsa ke depan, itu semua tergantung bagaimana anak-anak muda bersikap, bertindak, dan berperilaku.
Apa yang disiapkan sebagai bekal ke depan dalam mempertahankan keutuhan NKRI, semua juga bergantung pada generasi muda. Saya minta anak-anak muda untuk tidak ikut-ikutan larut dalam fitnah-fitnah, saling menjelekan, saling memperolok-olok sesama anak-anak bangsa,” ujarnya.

Baca juga  Waktu Terbaik Dampingi Anak Remaja Belajar Menurut Sophia Latjuba

Lebih lanjut bupati Rusman Ali berharap generasi muda bangsa saat ini, terutama yang menyebut dirinya sebagai generasi milenial, tidak larut dalam upaya-upaya sebagian kelompok dalam memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.

“Kaum muda harus menyikapi dengan bijak segala sesuatu yang ditemui di media sosial, sehingga keutuhan bangsa tetap terjaga,” pesannya.

Pejabat PKP Provinsi Kalimantan Barat, Brigadir Jenderal Patut Sudarsono Pejabat mengatakan, Kementerian Pertahanan Negara melakukan kegiatan-kegiatan pemberdayaan sumber daya manusia pertahanan negara untuk membangun semangat dan tekad untuk bersama-sama menjaga keutuhan NKRI. Dikatakan, Kemenhan melakukan kegiatan-kegiatan penguatan pemberdayaan sumberdaya pertahanan dengan sasaran generasi muda sebagai bentuk upaya menyiapkan generasi muda bangsa yang tangguh dan kokoh.

“Sehingga tidak mudah terpengaruh kepada berbagai gerakan dan isu-isu negatif yang dapat merusak pertahanan dan ketahanan bangsa dan negara. Kita ingin menyiapkan generasi muda bangsa kita yang tangguh, karena masa depan bangsa ini ada di pundak para generasi muda kita saat ini,” ucapnya.

Pewarta : Rio / Humas Pemkab Kubu Raya
Editor : Yulia Ramadhiyanti

Tinggalkan Komentar

Streaming

Close Ads X