banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600
NasionalSorotan

Eks Penyidik KPK Duga Ada Sokongan Kuat di Balik Pelarian Harun Masiku

×

Eks Penyidik KPK Duga Ada Sokongan Kuat di Balik Pelarian Harun Masiku

Sebarkan artikel ini
Buronan KPK Harun Masiku. (Ist)

triggernetmedia.com – Mantan Penyidik KPK yang juga Ketua IM57+ Institute, Praswad Nugraha, menduga ada penyokong yang membiayai pelarian tersangka kasus dugaan suap pergantian antarwarktu (PAW) anggota DPR RI Harun Masiku.

Harun Masiku diketahui sempat berpindah-pindah tempat untuk melarikan diri. Praswad menyebut pelarian itu membutuhkan uang tunai dan status Harun Masiku sebagai daftar pencarian orang (DPO) selama lebih dari empat tahun tidak memungkinnya mengakses uang tunai melalui ATM.

“Buronan butuh terus berpindah-pindah, jadi tidak mungkin bisa bekerja, sehingga pasti butuh ada pihak yang back up/ support kebutuhan keuangan Harun Masiku,” kata Praswad kepada wartawan, Kamis (27/6/2024).

Terlebih, Harun diketahui melarikan diri sampai ke beberapa negara di luar negeri. Dengan begitu, dia membutuhkan identitas palsu, paspor, cover story, dan orang-orang lain yang bisa membantunya melintas perbatasan negara.

Semua itu, lanjut Praswad, membuat Harun Masiku membutuhkan sokongan biaya yang cukup kuat.

“Harun Masiku tidak bisa bekerja, karena statusnya sedang buron, sehingga pasti tidak ada pemasukan. Tanpa dukungan dari pihak tertentu, tidak mungkin dia bisa membiayai pelariannya selama 4,5 tahun terakhir ini,” tandas Praswad.

Cari Harun

Sekadar informasi, KPK kembali menggencarkan pencarian buronan eks Caleg PDIP Harun Masiku dalam kasus dugaan suap pergantian antarwaktu (PAW) anggota DPR RI.

Baru-baru ini, lembaga antirasuah telah memeriksa lima orang saksi, termasuk Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto dan staf pribadinya, Kusnadi.

Dalam pemeriksaan itu, KPK menyita dua ponsel dan sebuah buku catatan milik Hasto serta sebuah ponsel dan kartu ATM milik Kusnadi.

Sumber:  Suara.com

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *