banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600
ArtikelHeadlineITSerba-serbiTechnologyTips

Cara Jitu Menghapus Pesan di WhatsApp

×

Cara Jitu Menghapus Pesan di WhatsApp

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi WhatsApp. (Pexels/Anton)

triggernetmedia.com  –  WhatsApp menawarkan empat cara untuk menghapus pesan dan obrolan, yaitu Delete for me, Delete for everyone, Delete chat, dan Clear chat. Berikut ini cara kerja dari masing-masing opsi tersebut:

Saat pengguna menekan tombol Delete untuk pesan di obrolan WhatsApp, pengguna akan disambut oleh dua opsi, yaitu Delete for me dan Delete for everyone.

Delete for me menghapus pesan hanya dari pihak pengguna. Orang lain yang menjadi lawan bicara masih dapat melihat pesan tersebut dan tidak akan mengetahui bahwa pengguna telah menghapus pesan. Pengguna memiliki waktu 5 detik untuk membatalkan pesan tersebut jika pengguna tidak sengaja menghapusnya. Pengguna dapat membatalkannya dengan mengetuk tombol Undo.

Sementara itu, menekan tombol Delete for everyone akan menghapus pesan dari kedua sisi. Artinya, pesan tersebut akan terhapus di ponsel pengguna dan ponsel penerima. Ini seperti fitur batal terkirim.

Berikut hal lain yang harus pengguna ketahui saat menggunakan fitur Delete for everyone:

  • WhatsApp memberi pengguna waktu 2 hari untuk menghapus pesan dari kedua sisi, setelah itu tombol Delete for everyone tidak akan muncul.
  • Orang lain akan mengetahui bahwa pesan belum terkirim karena mereka akan melihat keterangan “Pesan ini telah dihapus” menggantikan pesan yang dihapus dalam obrolan.
  • Para peserta juga dapat membatalkan pengiriman pesan dalam obrolan grup.
  • Pengguna tidak dapat membatalkan fitur Delete for everyone.
  • Admin grup juga dapat menggunakan fitur Delete for everyone untuk menghapus pesan bermasalah yang dikirim oleh anggota lain. Pesan tersebut akan diganti dengan “Pesan ini telah dihapus oleh admin [nama]”.
  • Anggota dapat melihat admin mana yang menghapus pesan tersebut.

Hal yang terjadi saat menghapus obrolan

  • Menghapus obrolan akan menghapus semua pesan di dalamnya dan menyembunyikan utas obrolan dari daftar obrolan pengguna.
  • Ini akan menghapus pesan hanya dari sisi pengguna, bukan dari kedua pihak.
  • Media yang ada dalam obrolan akan dihapus jika tidak disimpan di ponsel.
  • Pengguna akan ditanya apakah pengguna ingin menyimpan atau menghapus media yang tersimpan di ponsel.
  • Menghapus seluruh obrolan untuk kedua orang tidak dapat dilakukan di WhatsApp.
  • Setelah menghapus obrolan, pengguna akan terus menerima pesan baru. Jika pengguna tidak ingin menerima pesan, pengguna dapat memblokirnya.

Di sisi lain, Clear chat akan menghapus pesan dari utas obrolan tanpa benar-benar menghapus obrolan tersebut. Artinya, utas obrolan yang kosong masih muncul di tab Chat di WhatsApp. Pengguna dapat menghapus atau menyimpan media dari obrolan di ponsel. Menghapus obrolan WhatsApp hanya menghapusnya untuk Anda dan tidak untuk semua orang.

Itulah yang harus pengguna ketahui tentang menghapus pesan di WhatsApp dan perbedaannya.

Sumber: Suara.com

 

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *