banner 120x600 banner 120x600

Sadisnya Batalion Netzah Yehuda Hingga Disanksi AS

Ilustrasi - Tentara Israel menyusuri perbatasan Israel-Suriah dalam upaya mereka melancarkan aksi aneksasi. [AFP]
banner 120x600

triggernetmedia.com – Unit militer IsraelBatalion Netzah Yehuda disanksi oleh Amerika Serikat karena dugaan pelanggaran hak asasi manusia (HAM) di Tepi Barat, Palestina.

Menurut Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken, pihaknya akan melakukan investigasi berdasarkan undang-undang terkait larangan pengiriman bantuan militer ke unit militer asing, yang melanggar HAM.

“Saya pikir cukup adil untuk mengatakan Anda akan segera melihat hasilnya. Saya telah membuat keputusan; Anda bisa melihatnya dalam beberapa hari ke depan,” kata Blinken, dikutip AFP.

Seperti apa sepak terjang Batalion Netzah Yehuda?

Unit Israel yang dibentuk sejak 1999 itu kini telah memiliki sekitar 1.000 anggota.

Batalion Netzah Yehuda ini juga dikenal sebagai Nahal Heredi yang punya peraturan terkait agama yang ketat. Mereka juga punya rekam jejak kekerasan, terutama atas warga Palestina.

Apa saja jejak keberingasan batalion Netzah Yehuda Israel?

Siksa Lansia 80 Tahun

Dilansir Middle East Eye, Batalion Netzah Yehuda pada 2022 lalu memicu kemarahan publik lantaran menahan hingga menyiksa seorang warga Palestina-Amerika berusia 80 tahun, bernama Omar Muhammad Assad.

Batalion Netzah Yehuda disebu telah menyiksa dengan cara menyumpal korban, dipaksa berbaring, dan ditinggalkan di pinggir jalan hingga ditemukan meninggal dunia karena serangan jantung.

Sedangkan pada tahun 2015 sejumlah warga Palestina di Jenis dan Tulkarm juga ditahan oleh Netzah Yehuda. Tangannya diborgol, mata ditutup, dipukuli, bahkan disetrum menggunakan elektroda.

Tembaki Warga Sipil

Batalion ini juga tega menembak sipil Palestina tak bersenjata di utara Ramallah pada Juni 2015. Mereka menuduh bahwa warga Palestina itu melempar bom molotov ke arah pasukan. Namun dalih itu tidak terbukti.

Mereka juga menyerang dan menahan warga Palestina dari kamp Jazalone di Ramallah, bernama Shadi al-Ghobaishi yang mendekati para tentara. Hal ini karena para tentara menembakkan air mata serta granat suara di dekat rumahnya karena membuat anak-anak takut.

Penembakan warga sipil juga dilakukan ke warga Palestina, Iyad Zakariya Hamed di dekat Silwad, pada Agustus 2016. Anggota batalion tersebut menuduh korban menimbulkan ancaman.

Pelecehan seksual

Sedangkan pada Oktober 2021, dilansir Middle East Eye, empat anggota unit Netzah Yehuda dituduh melakukan pelecehan seksual.

Mereka ditahan atas dugaan pemukulan dan pelecehan seksual terhadap seorang tahanan Palestina.

Pada 2022, media 972 Magazine menyebut bahwa Israel sudah melakukan penyelidikan atas pelanggaran HAM ini.

Kendati demikian dilakukan secara asal-asalan, tidak memadai, dan sembarangan.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu juga telah buka suara dan mengecam rencana sanksi yang akan dilakukan Amerika Serikat.

Menurutnya langkah AS adalah “tindakan yang tidak masuk akal dan bermoral rendah”.

Sumber: Suara.com

 

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *