banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

Sambut Ramadan: Ini 8 Amalan yang Dianjurkan di Malam Nisfu Syaban

malam nisfu syaban 2024 jatuh pada tanggal (freepik)
banner 120x600

triggernetmedia.com – Pada Sabtu 24 Februari hingga Minggu, 25 Februari 2024 merupakan malam Nisfu Syaban atau malam pertengahan bulan Syaban dalam kalender islam. Sudah tahu belum apa saja amalan malam Nisfu Syaban? Malam Nisfu Syaban dianggap sangat penting karena jadi penanda bulan Ramadhan yang akan segera tiba. Ulama juga berpendapat pada malam tersebut buku amalan umat islam selama setahun akan ditutup.

Adapun malam Nisfu Syaban jatuh setiap tanggal 15 bulan Syaban dalam kalender Hijriah atau kalender islam. Namun dalam penanggalan islam, pergantian hari terjadi sejak matahari terbenam. Maka seperti melansir NU Online, dikutip suara.com, Sabtu (24/2/2024) maka malam Nisfu Syaban diperingati pada Sabtu malam hari ini.

Malam Nifsu Syaban adalah adalah salah satu dari lima malam yang mustajab doanya. Hal ini sesuai dengan bunyi sabda Nabi Muhammad SAW seperti sebagai berikut:

“Lima malam yang tidak akan ditolak doa di dalamnya: malam pertama bulan Rajab, malam nisfu Sya’ban, malam Jumat, malam Idul Fitri, dan malam Idul Adha.”

Ilustrasi doa dan amalan malam Nisfu Syaban 2024 (freepik)
Ilustrasi doa dan amalan malam Nisfu Syaban 2024 (freepik)

Jika tidak ingin melewatkan kesempatan salah satu malam istimewa ini. Berikut ini amalan malam Nisfu Syaban yang bisa dilakukan:

1. Perbanyak sunnah mutlak

Salat sunnah yang sebaiknya dilakukan saat malam Nisfu Syaban yaitu salat sunnah mutlak atau salat yang tidak ditentukan waktu dan tidak ada sebab apapun. Jumlah rakaat salat sunnah tidak ditentukan, boleh berapa saja, dua rakaat atau lebih.

Rinciannya salat sunnah mutlak terdiri dari salat sunnah 2 rakaat dengan niat salat mutlak, rakaat pertama setelah Alfatihah membaca Surat al Kafirun. Rakaat kedua, setelah Fatihah membaca Surat al Ikhlas.

2. Salat sunnah tasbih

Para ulama menyebutkan bahwa yang lebih utama pada malam Nisfu Syaban adalah melakukan salat tasbih. Tasbih semuanya berjumlah 300 tasbih dengan rincian tiap rakaat 75 tasbih.

Salat tasbih berjumlah empat rakaat, jika dikerjakan pada siang hari empat rakaat dengan sekali salam, dan jika dikerjakan pada malam hari empat rakaat dua kali salam dengan dua rakaat sekali salam.

3. Salat sunnah awwabin

Salat ini jumlahnya enam rakaat, dikerjakan setelah salat Magrib dan sebelum Isya, setiap dua rakaat satu kali salam. Pada tiap rakaat dibaca surat al Fatihah dan al Ikhlas sebanyak enam kali.

4. Membaca surat Yasin

Ulama menyarankan saat malam Nisfu Syaban Yasin dibaca sebanyak 3 kali, dengan masing-masing niat berbeda. Yasin pertama memohon panjang umur yang barakah dan taat kepada Allah SWT.

Yakin kedua diniatkan dijauhkan dari segala bentuk musibah, fitnah, bala atau marabahaya lahir batin. Yasin ketiga dibaca untuk memohon kaya hati dari Allah SWT, agar tidak mudah menjadi orang yang meminta-minta.

5. Membaca tasbih Nabi Yunus

Dengan membaca zikir dan tasbih Nabi Yunus 2.375 kali akan diberi perlindungan sampai tahun depan atas izin Allah SWT.

6. Membaca Ayatul Hirsh

Ayatul Hirsh adalah membaca ayat 128 hingga 129 di surat at-Taubah, sebaiknya diulang sebanyak 500 kali agar tidak mendapat pertanyaan malaikat di alam kubur.

7. Perbanyak doa

Lantaran malam Nisfu Syaban dianggap sebagai malam mustajab, maka dengan perbanyak doa niscaya permohonan akan dikabulkan Allah SWT termasuk berbagai hajat yang diharapkan.

8. Perbanyak salawat Nabi

Salah satu keistimewaan malam Nisfu Syaban yaitu diturunkannya salawat Nabi yang bisa jadi syafaat sekaligus penolong di hari kiamat. Dengan bersalawat, Allah dalam surat al-Ahzab ayat 56 mengatakan, maka itu salah satu cara menghormati Nabi Muhammad SAW yang tidak lain kekasih Allah SWT.

Sumber: Suara.com

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *