banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

Adu Suara Mulan Jameela vs Nafa Urbach: Siapa yang Dapat Kursi Empuk di Senayan?

Adu Suara Mulan Jameela vs Nafa Urbach: Siapa yang Dapat Kursi Empuk di Senayan?
banner 120x600

triggernetmedia.com – Dua artis Mulan Jameela dan Nafa Urbach di Pemilu 2024 bersaing demi bisa mendapatkan kursi empuk di gedung DPR/MPR Senayan, Jakarta. Mulan istri Ahmad Dhani nyaleg dari Partai Gerindra di Dapil Jawa Barat XI.

Data real count KPU RI, Jumat (16/2) pukul 11:01 WIB tunjukkan Mulan menjadi caleg kedua dari Gerindra di dapil tersebut yang untuk sementara meraih suara terbanyak.

Mulan mendapat jumlah suara sementara sebesar 11.942, di bawah caleg petahana Muhammad Husein Fadlulloh yang mengumpulkan 31.837 suara. Dapil Jabar XI yang jadi arena kontestasi Mulan termasuk ‘dapil neraka’.

Di dapil ini terdapat sejumlah politikus berpengalaman, sebut saja Mohamad Sohibul Iman, Wakil Ketua Majelis Syura PKS. Lalu ada nama anggota The Prediksi sekaligus artis Ronal Surapradja yang nyaleg dari PDIP. Serta ada politikus senior Golkar, Ade Ginanjar.

Sementara itu, artis Nafa Urbach yang menjadi caleg dari Nasdem berkontetasi di Dapil Jawa Tengah VI. Nafa dari data real count KPU Jumat siang mendapat angka paling tinggi dibanding caleg Nasdem lainnya di dapil tersebut.

Nafa Urbach tercatat meraih 17.777 jumlah suara sementara, data real count KPU menyebut suara yang terkumpul di Dapil Jateng VI sudah 21,99 persen atau 2939 dari 13.364 TPS.

Nafa Urbach memulai karier politiknya pada tahun 2018 lalu dengan bergabung ke Partai NasDem. Ia lalu maju menjadi calon anggota legislatif (caleg), meski gagal terpilih, pada 2019 untuk daerah pemilihan (dapil) Jawa Tengah VI.

Daerah pemilihan tersebut mencakup Purworejo, Wonosobo, Magelang, dan Temanggung. Diketahui, Magelang merupakan tanah kelahiran Nafa Urbach. Di sisi lain, ia juga memiliki alasan mengapa memilih NasDem.

Menurutnya, partai tersebut mempunyai kesamaan dengan visi misinya. Lalu, alasannya terjun ke dunia politik karena ingin mengangkat sejumlah isu. Salah satunya isu soal anak dan perempuan yang seringkali dibiarkan begitu saja.

Nafa menjadi semakin ‘melek’ di dunia sosial dan politik usai putrinya menerima komentar berbau pedofilia di media sosial. Ia pun sudah bekerjasama dengan Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) dan Lembaga Pemberdayaan Perempuan.

Sementara Mulan Jameela, karier politikya dimulai saat ia bergabung ke Partai Gerindra pada 2019. Pada tahun tersebut, Mulan mencalonkan diri sebagai calon anggota legislatif untuk daerah pemilihan Jawa Barat XI yang meliputi Kabupaten dan Kota Tasikmalaya. Saat itu Mulan meraup suara sebanyak 24.192.

Pasca pemilihan, Mulan bersama dengan 13 orang caleg lainnya dari Partai Gerindra mengajukan gugatan perdata terhadap DPP Partai Gerindra melalui PN Jakarta Selatan.

Melalui gugatannya, Mulan menginginkan PN Jaksel memutus agar DPP Partai Gerindra mempunyai hak untuk menetapkan ia dan beberapa rekannya sebagai anggota legislatif terpilih karena suara partai yang lebih besar dari pemilih caleg langsung.

Mulan Jameela akhirnya ditetapkan sebagai anggota DPR oleh KPU dengan dikeluarkannya Surat Keputusan bernomor 1341/PL.01.0-Kpt/06/KPU/IX/2019 tanggal 16 September 2019 tentang perubahan atas keputusan KPU Nomor 1318/PL.01.9-Kpt/06/KPU/VIII/2019.

 

Sumber: Suara.com

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *