banner 120x600 banner 120x600

Dukung Israel, Amerika Abaikan Usulan Indonesia dan PBB untuk Perdamaian Gaz

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) berbincang dengan Presiden Amerika Serikat Joe Biden di Gedung Putih, Washington DC, Amerika Serikat, Senin (13/11/2023), waktu setempat. Dalam pertemuan terbatas itu Jokowi mengajak Amerika Serikat untuk berkontribusi mewujudkan perdamaian global. (ANTARA/HO-Sekretariat Presiden)
banner 120x600

triggernetmedia.com – Presiden Amerika Serikat Joe Biden menolak usulan gencatan senjata di Jalur Gaza, Palestina, meskipun ada desakan dari komunitas global, termasuk dari Presiden Jokowi saat keduanya berjumpa belum lama ini.

Biden mengatakan, gencatan senjata tidak membawa perdamaian selama Hamas masih menguasai wilayah itu.

Menurutnya, gencatan senjata justru membuat Hamas bisa membangun kembali persediaan roket dan memperkuat militer.

Biden mengklaim, tujuannya saat ini adalah tidak hanya menghentikan perang hari ini, tetapi juga mengakhiri akar masalah secara permanen.

Namun demikian, Biden meminta Israel untuk menghormati hukum humaniter internasional dan mengurangi jumlah korban sipil dalam tindakannya di wilayah Palestina itu. Ia menyampaikan bahwa selama kunjungannya ke Tel Aviv, telah memberikan saran kepada pejabat Israel agar tidak membiarkan emosi negatif mengarah pada kesalahan yang pernah dilakukan di masa lalu.

Baca juga  LPSK Turun Ke Kiwirok Lindungi 8 Nakes Korban Serangan Teroris KKB Papua

Solusi dua negara adalah satu-satunya jalan untuk mengatasi konflik yang berlangsung lama di wilayah tersebut. Ia juga menyuarakan pandangan bahwa di Gaza perlu adanya pemerintahan di bawah kontrol Otoritas Palestina.

Biden juga mencermati konflik baru-baru ini di Tepi Barat, di mana Israel terlibat dalam serangan terhadap warga sipil. Dia menegaskan bahwa Amerika Serikat bersiap untuk menerapkan larangan visa bagi mereka yang terlibat dalam kekerasan di Tepi Barat.

“Dalam pembicaraan saya dengan pemimpin Israel, saya dengan tegas menyampaikan bahwa tindakan kekerasan ekstrem terhadap warga Palestina di Tepi Barat harus dihentikan, dan pelaku kekerasan harus mempertanggungjawabkan perbuatannya,” tulisnya. Seperti disitat dari laman Suara.com.

Sejak awal agresi Israel di Gaza pada 7 Oktober, komunitas internasional telah memanggil untuk segera mencapai gencatan senjata di wilayah tersebut.

Baca juga  Resep Udang Saus Telur Asin, Rasanya Dijamin Mewah ala Resto Seafood

Tuntutan ini tidak hanya ditujukan kepada Israel sebagai pihak yang terlibat dalam konflik, tetapi juga kepada Amerika Serikat sebagai sekutu utama Israel. Salah satu seruan datang dari Presiden Jokowi selama pertemuan dengan Biden.

Jokowi meminta agar Biden mengambil tindakan lebih lanjut untuk mengakhiri agresi militer Israel di Jalur Gaza, Palestina, termasuk dukungan AS untuk mencapai gencatan senjata, meski akhirnya permintaan itu tidak ditanggapi serius oleh Biden.

Tidak hanya Indonesia dan negara-negara lain, PBB sebelumnya juga sudah menyampaikan seruan gencatan senjata kemanusiaan demi membantu lebih dari 2 juta orang di Gaza yang terjebak akibat serangan Israel.

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.