banner 120x600 banner 120x600

Kenalkan Kembali Kue-Kue Tradisional Khas Pontianak Lewat Festival Makan Bersama di PCC

banner 120x600

triggernetmedia.com – Insix Production menggelar Festival Makan Bersama di Pontianak Convention Center (PCC) mulai 18 hingga 21 Juli 2023 dengan tujuan memperkenalkan dan mengangkat kembali kue-kue tradisional khas Pontianak.

Festival ini merupakan ajang perlombaan bagi kue-kue tradisional yang sudah tak asing lagi bagi warga Pontianak, seperti ketupat colet, klepon, dan ongol-ongol. Selain itu, berbagai kudapan tradisional juga tersedia untuk dinikmati pengunjung.

Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono, memberikan dukungannya terhadap inisiatif panitia dalam menggelar event ini.

Menurutnya, makan bersama dengan sajian kuliner khas Pontianak perlu digencarkan sebagai langkah mengangkat kembali kue-kue tradisional yang mungkin sulit ditemui saat ini.

“Adanya event-event bertema kuliner ini memberikan peluang bagi para pelaku UMKM kuliner untuk mempromosikan dan meningkatkan pendapatan mereka,” ujar Edi.

Ia berharap kegiatan ini dapat menjadi inspirasi bagi para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), terutama di bidang kuliner, serta melibatkan anak-anak muda untuk mengembangkan jiwa entrepreneur mereka dan meningkatkan pendapatan.

“Kuliner-kuliner yang dijajakan dalam festival ini dapat dikemas dengan menarik, sehingga dapat menarik minat lebih banyak orang untuk berkunjung dan mencicipi kekayaan kuliner Pontianak,” tambah Edi.

Solihin Wardana, Ketua Panitia Festival Makan Bersama, menjelaskan bahwa kegiatan ini juga merupakan bagian dari perayaan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 Hijriah, serta bertujuan untuk mengembangkan daya tarik wisata, terutama dalam hal kuliner.

Pontianak memiliki kekayaan kuliner yang sudah cukup dikenal luas, namun beberapa jenis kue tradisional belum begitu dikenal oleh generasi muda. Oleh karena itu, melalui festival ini, kue-kue tradisional khas Pontianak dapat diperkenalkan kembali kepada masyarakat.

Festival Makan Bersama berlangsung selama empat hari dan diisi dengan berbagai lomba. Salah satu lomba yang menarik adalah lomba makan klepon, di mana 300 peserta berpartisipasi, serta lomba makan kue ongol-ongol dengan 350 peserta.

Melalui lomba-lomba ini, panitia ingin menggambarkan kekayaan kuliner dan makanan lezat yang dimiliki oleh Pontianak.

Solihin menambahkan, “Melalui lomba makan kue tradisional inilah kita ingin mengangkat kembali bahwa Pontianak ini kaya akan kuliner dan makanan yang enak.”

Warga Pontianak dan pengunjung dari berbagai daerah dapat menikmati sajian kuliner khas Pontianak yang ditampilkan dalam festival ini, begitu juga para peserta lomba juga berkesempatan untuk mencicipi berbagai kue-kue tradisional yang menggugah selera.

sumber berita: prokopim

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *