banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

Safari Ramadhan di Masjir Raya Mujahidin, Ria Norsan Ajak Jamaah Makmurkan Masjid

Wakil Gubernur Kalimantan Barat, H. Ria Norsan memberikan kultum pada Safari Ramadhan 1444 Hijriyah di Masjid Raya mujahidin Pontianak. Kamis (23/3/2023)
banner 120x600

triggernetmedia.com – Wakil Gubernur Kalimantan Barat, H. Ria Norsan mengajak seluruh umat muslim untuk bersyukur kepada Allah subhanahu wata’ala karena diperkenankan untuk bertemu kembali bulan Ramadhan 1444 Hijriyah, bulan yang agung dan penuh ampunan.

“Bagaimana doa kita di bulan Rajjab. Ingin dipertemukan dengan bulan Ramadhan. Alhamdulillah malam hari ini doa kita diijabah oleh Allah subhanahu wata’ala. Kita bisa sampai kepada bulan ramadhan ini karena rahmat dan kemurahan dari Allah subhanahu wata’ala,” katanya sesaat memberikan tausiyah sebelum didirikannya shalat tarawih berjamaah di masjid Raya Mujahidin Pontianak, pada malam kedua Ramadhan 1444 Hijriyah. Kamis (23/3/2023).

Norsan kembali berpesan kepada jamaah untuk memakmurkan masjid sebagaimana yang dituangkan dalam al Qur’an Surat At-Taubah ayat 18 yang artinya Sesungguhnya yang memakmurkan masjid Allah hanyalah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta (tetap) melaksanakan shalat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada apapun) kecuali kepada Allah. Maka mudah-mudahan mereka termasuk orang-orang yang mendapat petunjuk.

“Penting bagi kita, umat muslim untuk memakmurkan masjid di bulan suci ramadhan. Masjid adalah rumah Allah. Tempat dimana kita beribadah dan memuja Allah subhanahu wa ta’ala. Sering kita temukan, apalagi nanti di malam – malam terakhir Ramadhan, sebagian saudara – saudara kita malah terlena dengan urusan pribadi masing – masing. Padahal, pada malam – malam terakhir itulah ada 1 malam mulia yang lebih baik dari seribu bulan, yaitu malam Lailatul Qadar,” ujarnya.

“Suatu kewajiban kita memakmurkan masjid. Insya Allah ia akan dimakmurkan di akhirat kelak. Kalau kita menghadapi suatu masalah, jangan lari kemana – mana, larilah ke masjid. Ambil wudhu, sholat dan baca quran. insyaAllah kita menjadi tenang. Kalau ke tempat lain, yang ada kantong kita jadi kering,” sambungnya.

Norsan kembali menegaskan pentingnya memakmurkan masjid, terutama pada bulan suci ramadhan. Dimana ganjaran pahala dijanjikan, dilipatgandakan oleh Allah subhanahu wata’ala.

“Ingat surah Al-Baqarah ayat 183, disebutkan Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa. Oleh karenanya, mari mengisi malam ramadhan dengan ibadah semaksimal mungkin. Belum tentu kita mendapatkan Ramadhan berikutnya. Banyak saudara-saudara kita yang sudah dipanggil sebelum bertemu ramadhan kali ini. Gunakanlah waktu dengan sebaik – baiknya, beramallah semaksimal mungkin,” serunya.

Dirinya menambahkan, hal ini sebagaimana hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim yang menyebutkan “Barang siapa berpuasa Ramadhan atas dasar iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari no. 38 dan Muslim no. 760).

“Intinya apa, dari amal sholeh yang kita kerjakan, agar kita menjadi golongan orang – orang yang beriman. Semoga segala dosa – dosa kita diampuni. Sebagai motivasi anggaplah Ramadhan kali ini sebagai Ramadhan terakhir bagi kita. Tapi kita tetap dianjurkan untuk berdoa agar diberikan umur yang panjang, dan kembali dipertemukan dengan Ramadhan – Ramadhan berikutnya, agar kita termasuk insan – insan yang bertaqwa,” tutupnya.

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *