banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

Beredar Minyak Goreng Merek MinyaKita Palsu, Emak-emak Diminta Waspada

Pasokan MinyaKita di Pasar [Suarajogja.id/Hiskia Andika Weadcaksana]
banner 120x600

triggernetmedia.com – Emak-emak kekinian harus waspada, karena minyak goreng curah kemasan dengan merek MinyaKita mulai banyak dipalsukan. Salah satunya, ditemukan di Sragen, Jawa Tengah.

Modusnya, dengan menempelkan label MinyaKita di kemasan minyak goreng curah yang dikemas dengan baik. Harganya pun dijual di atas harga eceran tertinggi yaitu Rp 14.000 per liter.

Modus ini terungkap, setelah adanya pengawasan dari Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (PKTN) Kemendag.

“Sudah dilaporkan yang ada di Sragen. Harganya tidak Rp 14.000, labelnya juga ditempel,” ujar Plt Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Kasan di Jakarta yang ditulis, Selasa (21/2/2023).

Atas temuan itu, Kemendag bekerja sama dengan Satgas Pangan akan menindaklanjuti sesuai dengan peraturan berlaku. Akan tetapi, Kasan tidak merinci, apakah upaya pemalsuan MinyaKita itu dilakukan perserorangan atau badan usaha.

“Kalau dia ada di pedagang pasti yang mengemasnya bukan pedagang. Nanti akan ditelusuri ke atasnya ke distributornya, dari distributor siapa nih yang memproduksi,” kata dia.

Sebelumnya, asokan MinyaKita sempat susah ditemui di beberapa daerah di Indonesia. Kementerian Perdagangan (Kemendag) menyatakan siap untuk meningkatkan produksi untuk mencukupi kebutuhan MinyaKita di masyarakat.

Staf Khusus Menteri Perdagangan Bidang Hubungan Antar Lembaga, Syailendra mengatakan sejauh ini sudah ada tiga perusahaan yang menyiapkan mesin produksi. Diharapkan perusahaan-perusahaan itu dapat segera memproduksi MinyaKita dan didistribusikan ke masyarakat.

“Diharapkan mereka paling lambat beroperasi pertengahan Maret. Jadi akan nambah (produksinya),” ujar Syailendra kepada awak media, Kamis (16/2/2023).

Selain itu, Kemendag mendorong pihak-pihak yang menyuplai minyak curah untuk bekerja sama dengan packer atau pengepak. Tujuan agar dapat mempercepat distribusi ke berbagai daerah.

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *