banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

Amalan Hari Jumat dan Keistimewaannya untuk Umat Islam

Ilustrasi Berdoa - amalan hari Jumat (Unsplash)
banner 120x600

triggernetmedia.com – Hari Jumat merupakan salah satu hari yang istimewa bagi umat muslim. Pada hari ini, umat islam disunahkan untuk mengerjakan amalan hari Jumat yang memiliki banyak keutamaan.

Al-Imam al-Syafi’i dan al-Imam Ahmad meriwayatkan dari Sa’ad bin Ubadah sebuah hadits tentang hari Jumat:

“Rajanya hari di sisi Allah adalah hari Jumat. Ia lebih agung daripada hari raya kurban dan hari raya fitri.”

Berikut ini adalah amalan hari Jumat yang bisa dikerjakan umat Islam dengan keutamannya. Dinukil dari suara.com.

1. Memperbanyak shalawat nabi

Amalan hari Jumat pertama yang memiliki keutamaan adalah memperbanyak shalawat nabi. Melalui shalawat, umat Islam akan semakin dekat dengan Baginda Rasulullah SAW. Hal ini seperti sabda Rasulullah yang diriwayatkan oleh Abu Umamah:

“Perbanyaklah shalawat kepadaku  pada setiap Jum’at. Karena shalawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jum’at. Barangsiapa yang banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti.” (HR. Baihaqi).

2. Membaca Surat Al Kahfi

Selain memperbanyak shalawat, umat Islam juga dianjurkan untuk membaca Surat Al kahfi. Membaca surat Al Kahfi dapat mendatangkan ketenangan pembacanya sampai satu minggu kedepan.

Dari Abu Sa’id Al Khudri, Nabi Muhammad SAW bersabda,

“Barangsiapa membaca surat Al Kahfi pada hari Jum’at, maka ia akan disinari oleh cahaya di antara dua Jumat.” (HR. Hakim).

3. Sholat Jumat

Sholat Jumat merupakan shalat yang dilaksanakan pada waktu dzuhur di hari Jumat. Shalat Jumat diibaratkan sebagai prosesi haji bagi mereka yang tidak mampu. Imam al-Qadla’i dan Ibnu Asakir dari Ibnu Abbas menyatakan bahwa Rasulullah bersabda, “Sholat Jumat merupakan hajinya orang-orang fakir.”

Artinya, berangkatnya umat Islam menuju shalat Jumat seperti berangkat menuju tempat haji dalam hal mendapatkan pahala, meskipun berbeda tingkat pahalanya.

4. Bersedekah

Setelah sholat Jumat, amalan yang dianjurkan pada hari Jumat adalah bersedekah. Sedekah yang diberikan dapat berupa uang, makanan, dan hal lainnya. Dengan bersedekah, Allah SWT akan melipatgandakan rezekimu.

5. Memperbanyak Doa

Amalan yang sangat dianjurkan di hari Jumat adalah berdoa dan bermunajat sungguh-sungguh kepada Allah SWT.

Diriwayatkan dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah SAW bersabda bahwa tiada doa yang tak dikabulkan pada hari Jumat.

“Di dalamnya terdapat satu waktu yang tidaklah seorang hamba yang muslim tepat pada saat itu berdiri shalat meminta sesuatu kepada Allah, melainkan Allah pasti memberikan kepadanya.” Beliau pun mengisyaratkan dengan tangannya untuk menggambarkan sedikitnya (sebentarnya) waktu tersebut.” (HR. Bukhari, no. 935 dan Muslim, no. 852)

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *