banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

Ini Keunikan Rumah Tongkonan Sulawesi Utara

Rumah adat Sulawesi Utara, Tongkonan (YouTube/ewas todi)
banner 120x600

triggernetmedia.com – Rumah adat merupakan salah satu kekayaan warisan budaya nenek moyang yang perlu selalu dijaga kelestariannya. Salah satunya adalah rumah adat Tongkonan dari Sulawesi Utara. Keunikan rumah Tongkonan pun menarik perhatian masyarakat.

Rumah adat Tongkonan memiliki konsep rumah panggung dengan bentuk menyerupai perahu kerajaan China. Salah satu keunikan dari rumah adat suku Toraja ini adalah hiasan tanduk kerbau di bagian depan rumah.

Yuk, ketahui lebih dekat mengenai keunikan rumah Tongkonan dari fakta-fakta berikut, seperti dinukil dari laman suara.com.

Rumah adat Sulawesi Utara, Tongkonan (YouTube/ewas todi)
Rumah adat Sulawesi Utara, Tongkonan (YouTube/ewas todi)

Terdiri atas 3 lapisan

Rumah adat Tongkonan terdiri atas tiga lapisan yang memiliki fungsinya masing-masing. Lapisan pertama disebut Rattiang Banua dan bersungdi untuk menyimpan benda pusaka atau yang dianggap sakral. Lapisan teratas ini dibuat dengan ijuk dan rotan sehingga sangat kuat dan tahan ratusan tahun.

Lapisan kedua adalah Kale Banua yang terdiri atas tiga bagian. Pertama, bagian utara atau tengalok untuk ruang tamu dan ruang tidur anak. Bagian kedua atau ruang Sall untuk pertemuan keluarga sekaligus untuk menyemayamkan keluarga yang meninggal, sedangkan bagian ketiga adalah ruang kepala keluarga.

Lapisan ketiga adalah Suluk Banua atau tempat yang biasa untuk menyimpan hewan peliharaan atau alat pertanian.

Hiasan Tanduk Kerbau

Pada tiang utama bagian depan rumah adat Tongkonan, Anda akan melihat rangkaian tanduk kerbau. Tanduk kerbau ini berasal daru pengorbanan jika ada anggota keluarga yang meninggal. Semakin banyak jumlah tanduk kerbau, semakin tinggi pula status sosial keluarga tersebut.

Biaya Pembangunan

Banyaknya keunikan rumah Tongkonan rupanya juga tidak terlepas dari besarnya biaya yang digunakan saat pembuatan. Penggunaan bahan-bahan berkualitas tinggi serta detail pada tiap sudutnya membuat rumah Tongkonan, menjadi faktor penentu. Pembangunan satu rumah adat bahkan bisa memakan biaya lebih dari Rp500 juta.

Dibangun dengan Alang Sura’

Pada dasarnya, Tongkonan terdiri dari banua sura’ atau rumah yang diukir dengan alang sura’ atau lumbung yang diukir. Keduanya disimbolkan sebagai suami istri, banua sebagai seorang ibu yang melindungi anaknya, sementara alang adalah ayah yang menjadi tulang punggung.

Arah Rumah Adat Tongkonan

Banua Tongkonan selalu dibangun menghadap utara sebagai simbol arah kepada sang pencipta, yaitu Puang Matua. Arah selatan melambangkan nenek moyang dan dunia kemudian, arah timur dengan kedewaan, dan arah barat sebagai nenek moyang yang didewakan. Banua dibangun secara bertahap dengan selisih yang cukup lama.

Ukiran Dinding

Salah satu hal yang membuat rumah adat satu ini terlihat cantik adalah ukiran dinding yang sangat detail. Dinding dari tanah liat ini memiliki ukiran dengan empat warna dominan yaitu merah, putih, kuning, dan hitam. Merah sebagai lambang kehidupan, putih sebagai simbol suci, kuning sebagai simbol kekuatan, dan hitam sebagai simbol duka.

Atap Seperti Perahu

Keunikan rumah Tongkonan juga terlihat pada atapnya. Atap rumah Tongkonan yang melengkung dari satu sisi ke sisi lainnya akan mengingatkan kita pada perahu. Bahan atap ini terdiri dari tumpukan bilah bambu yang dilapisi rumbia, alang-alang, seng, atau ijuk. Namun pada rumah tongkonan berusia tua, atapnya bisa saja terbuat dari batu.

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *