banner 120x600 banner 120x600

Makan Buah Pisang Saat Perut Kosong, Adakah Risiko Bahayanya?

Pisang adalah buah tropis yang tidak mengenal musim. (pixabay)
banner 468x60

triggernetmedia.com – Buah Pisang serig menjadi camilan andalan untuk mengatasi lapar yang terjadi di bukan jam makan. Lalu, adakah risiko bahaya mengonsumsi buah pisang saat perut kosong?

Mengutip suara.com, rupanya risiko bahaya yang muncul saat makan pisang dalam keadaan perut kosong tergantung tingkat kematangannya.

Semakin matang pisang, semakin tinggi kandungan gulanya. Jika pisang sangat matang dimakan dalam kondisi perut kosong, maka kenaikan gula darah yang terjadi dalam waktu bisa memicu sejumlah gejala, mulai dari tubuh lemas dan makin cepat lapar.

Hal inilah yang menjadikan makan satu buah pisang saat perut kosong, untuk sarapan misalnya, bukanlah saran yang tepat. Tubuh membutuhkan banyak energi di pagi hari, yang tidak mungkin dicukupi hanya dengan makan satu buah pisang saja.

Baca juga  Kulitnya Jangan Dibuang! 6 Manfaat Pisang yang Tak Terduga untuk Perawatan Kecantikan

Lain halnya jika Anda makan pisang tapi dilengkapi juga oatmeal, roti, atau menu sarapan sehat lainnya.

Selain jumlah energi yang didapat lebih besar, kombinasi makanan ini juga memberikan beragam zat gizi bagi tubuh.

Lalu, kapan waktu makan pisang yang tepat? Seperti diketahui, pisang adalah makanan dengan kandungan serat, vitamin B6, kalium, magnesium, dan vitamin C yang tinggi.

Baca juga  Es Pisang Ijo Karamel ala Chef Devina Hermawan, Tetap Enak Tanpa Dikukus

Kandungan kalium pada pisang bisa menurunkan tekanan darah karena menyeimbangkan natrium di dalam tubuh dan mengurangi tekanan pembuluh darah di sekitar jantung.

Di samping itu, buah pisang juga mengandung serat yang bisa mencegah masalah pencernaan seperti diare.

Anda bisa makan pisang kapan saja, bisa di waktu pagi sebagai sarapan dengan makanan lainnya, di siang hari sebagai makanan pencuci mulut, atau di sore atau malam hari sebagai camilan dan disajikan dengan yoghurt.

banner 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.