banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

Pebedaan Nuzulul Quran dan Lailatul Qadar

Ilustrasi Apa Perbedaan Nuzulul Quran dan Lailatul Qadar? (Pixabay)
banner 120x600

triggernetmedia.com – Saat bulan Ramadhan terdapat dua peristiwa penting bagi umat Islam, yakni Nuzulul Quran dan Lailatul Qadar. Karena dua peristiwa ini berkaitan dengan turunnya Al-Qur’an membuat orang-orang tidak paham apa perbedaan Nuzulul Quran dan Lailatul Qadar.

Dalam artikel ini, Suara.com akan menyampaikan informasi tentang apa perbedaan Nuzulul Quran dan Lailatul Qadar. Simak baik-baik.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa Allah SWT menurunkan kitab suci Al-Qur’an kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantaran malaikat Jibril sebagai petunjuk kepada umat muslim. Allah memerintahkan umat Islam untuk mengimani, mempelajari, membaca, merenungkan dan menjadikan Al-Qur’an sebagai pedoman.

Selain itu, turunnya Al-Qur’an juga menjadi obat dari penyakit dan kotoran hati. Terdapat perbedaan waktu turunnya setiap ayat dalam Al-Quran. Peristiwa turunnya Al-Qur’an ini dijelaskan dalam surah Al- Qadar ayat 1-5 yang artinya:

“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Alquran) pada malam kemuliaan. Tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu ? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan Malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar” 

Lalu apa perbedaan Nuzulul Quran dan Lailatul Qadar? Simak ulasannya berikut ini.

Nuzulul Quran 

Nuzulul Quran merupakan perustiwa turunnya wahyu berupa ayat Al-Qur’an pertama kali kepada Nabi Muhammad saat berada di gua Hira pada tahun 610 Masehi. Kala itu, Rasulullah sedang bersedih dan menepi, kemudian Allah memerintahkan malaikat Jibril untuk menghibur Nabi dengan menurunkan surat Al-Alaq ayat 1-5. Surah ini juga sebagai penanda bahwa Muhammad di angkat menjadi Nabi dan Rasul.

Kata Nuzulul Quran berasal dari dua kalimat dengan artian yang berbeda. Secara harfiah Nuzulul memiliki arti turunnya sesuatu dari tempat tinggi ke tempat yang lebih rendah. Sementara Al-Qur’an adalah kitab suci umat Islam berupa lembaran-lembaran tulisan berhasa Arab.

Peristiwa Nuzulul Quran dipercaya terjadi pada tanggal 17 bulan Ramadhan.

Lailatul Qadar 

Dilihat dari segi bahasa, Lailatul Qadar terdiri dari dua kata yang memiliki perbedaan makna. ‘Lail artinya malam sedangkan Qadar sendiri memiliki makna beragam. Sedangkan Lailatul Qadar menurut beberapa pendapat merupakan peristiwa diturunkannya Al-Qur’an secara utuh dari Lauhul Mahfud di langit ketujuh mehuju ke Baitul Izzah atau langit dunia.

Malam Lailatul Qadar disebut sebagai malam yang penuh dengan kemuliaan dan lebih baik dari seribu bulan. Menurut mayoritas ulama berpendapat bahwa Lailatul Qadar terjadi pada 10 hari terakhir di bulan Ramadhan. Tepatnya pada malam-malam ganjil sperti malam 21, 23, 25, 27 dan 29.

Apa Perbedaan Nuzulul Quran dan Lailatul Qadar

Kesimpulannya adalah Nuzulul Quran dan Lailatul Qadar merupakan sama-sama peristiwa turunnya Al-Qur’an di bulan Ramadhan. Nuzulul Quran menjadi kali pertama ayat Al-Qur’an diturunkan. Sementara itu, Lailatul Qadar adalah peristiwa turunnya Al-Quran secara utuh.

Terdapat perbedaan waktu antara kedua peristwa tersebut. Nuzulul Quran terjadi pada pertengahan bulan Ramadha tepatnya pada tanggal 17 Ramadhan. Sedangkan Lailatul Qadar terjadi pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan, tepatnya pada malam-malam ganjil.

Tidak semua orang akan menemui Nuzulul Quran dan Lailatul Qadar. Karena hanya orang-orang yang telah Allah tetapkan yang bisa menjumpai dua peristiwa penting itu di bulan Ramadhan. Meski begitu, umat Islam dianjurkan untuk senantiasa mengerjakan amal shaleh pada malam Nuzulul Quran dan Lailatul Qadar.

Itulah tadi ulasan mengenai apa perbedaan Nuzulul Quran dan Lailatul Qadar. Meskipun keduanya sama-sama terjadi di bulan Ramadhan, akan tetapi keduanya memiliki perbedaan. Dinukil pada laman suara.com.

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *