banner 120x600 banner 120x600

Ini Pulau Terindah di Maluku Utara, Provinsi dengan Penduduk Paling Bahagia di Indonesia

Pulau Dodola. (Foto: Istimewa)
banner 468x60

triggernetmedia.com – Badan Pusat Statistik (BPS) baru-baru ini menobatkan Provinsi Maluku Utara menjadi provinsi dengan penduduk paling bahagia di Indonesia. Banyak faktor yang membuat Provinsi Maluku Utara menyandang gelar tersebut. Salah satunya ialah Maluku Utara punya destinasi wisata yang disebut Maldives versi Indonesia di Pulau Morotai.

Pulau Morotai, Maldives versi Indonesia. Pulau Morotai merupakan pulau yang ada di Kepulauan Halmahera – Maluku Utara yang dikelilingi 33 pulau-pulau kecil. Pulau Morotai sendiri sudah dikenal sebagai pulau yang memiliki alam dan bawah laut yang indah.

Bahkan saking indahnya, Pulau Morotai ditetapkan sebagai destinasi wisata unggulan di Indonesia Bagian Timur melalui Status Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata di mana kawasan tersebut dikembangkan oleh PT Jababeka Morotai – salah satu anak usaha dari PT Jababeka Tbk.

Setiap tahun, banyak para wisatawan lokal maupun mancanegara datang untuk menjelajahi Pulau Morotai dan pulau-pulau kecilnya yang cantik. Tujuannya, agar merasakan sendiri sensasi Maldives-nya versi Indonesia ini. Tak hanya itu, bahkan saat ini di pulau-pulau cantik morotai telah dijadikan para anak muda atau publik figur untuk healing, selfie, dan bikin konten bersama teman-temannya.

Terdapat 5 pulau yang terkenal di Pulau Morotai, yaitu Pulau Dodola, Pulau Pasir Timbul, Pulau Zum-zum, Pulau Kolorai dan Pulau Kokoya. Semua pulau tersebut telah menjadi tujuan wisata bagi para wisatawan untuk melakukan jelajah pulau atau island hopping.

Mau kenal lebih dekati 5 pulau “Maldives Indonesia” itu? Di bawah ini telah terangkum 5 pulau tersebut yang dikumpulkan dari suara.com dan berbagai sumber.

Pulau Dodola

Pulau Dodola merupakan destinasi ikonik di Pulau Morotai. Pulau Dodola sendiri terdiri dari Pulau Dodola Besar dan Pulau Dodola Kecil. Keindahan Pulau Dodola akan terlihat saat air laut sedang surut.

Baca juga  Pasokan Ayam Dari Luar Pontianak Tekan Kenaikan Harga

Jika air laut surut, kamu akan melihat pasir timbul yang membentuk jalan dari Pulau Dodola Besar dan Pulau Dodola Kecil, yaitu sekitar 500 meter.

Dan pemandangan yang kamu lihat ialah terbentangnya pasir putih yang luas. Saat di sana, kamu bisa bermain pasir, membuat konten video, berenang di pinggir pantai ataupun snorkeling maupun diving.

Pulau Pasir Timbul

Pantai ini sangat unik. Bukan hanya karena pasirnya yang putih yang dikeliling air laut yang biru dan bening. Tapi karena jika dilihat dari atas, Pulau Pasir Timbul seperti kuning telur.

Namun demikian, sebenarnya ini ialah pasir pantai di tengah lua yang dikeliling batu karang. Apa saja yang bisa dilakukan di sini? Kamu bisa berenang atau snorkeling untuk melihat berbagai karang yang indah dan gerombolan ikan-ikan karang yang cantik.

Pulau Zum-zum

Pulau ini menyimpan banyak barang-barang peninggalan Perang Dunia II. Itu karena, dahulu, Pulau Morotai dijadikan sebagai Pusat Komando dan Pusat Pertahanan Tentara Amerika Serikat.

Oleh karenanya, jejak perang tersebut masih terekam di Pulau Zum-zum. Terdapat patung Jenderal Mc Arthur setinggi 20 meter dengan tulisan “I Shall Return”. Patung tersebut dibangun sebagai pengingat bahwa Jenderal Mc Arthur pernah menetap dan mengendalikan pasukannya dari Pulau Zum-zum.

Pulau Kolorai

Salah satu pulau cantik di Pulau Morotai. Di sini, kamu bisa menikmati nuansa pantai yang tenang ditemani deburan ombak dengan air laut berwarna tosca. Kamu juga bisa berenang di laut atau bersnorkeling bersama teman atau keluarga.

Baca juga  Daftar Olahraga yang Baik dan Buruk Dilakukan saat Menstruasi

Pulau Kolorai juga merupakan pulau para nelayan Morotai tinggi yang terkenal akan kehangatan dan keramahannya. Sehingga Anda bisa berinteraksi dengan warga lokal maupun melihat aktivitas para nelayan saat akan pergi ke laut.

Pulau Kokoya

Pulau yang tak jauh dari Pulau Pasir Timbul juga memiliki keindahan yang menawan: pantai dengan pasir berwarna putih dan air laut sejernih kristal. Begitu sampai di pulau ini, kamu akan disambut oleh ribuan ikan-ikan kecil yang berenang bebas di dermaga.

Adapun luas Pulau Kokoya kurang lebih 8 hektar dan hanya dihuni oleh satu keluarga nelayan. Kegiatan seru yang bisa dilakukan di sini ? Kamu bisa berfoto ria, bermain pasir ataupun berenang di pinggir pantai atau snorkeling.

Nah, bagaimana lima pulau di atas menurut kamu? Worth it untuk jadi masuk book list destinasi liburan kamu, kan. Dan jika kamu butuh tour guide untuk ke sana, salah satu rekomendasi yang bisa kamu pilih ialah D’Aloha Resort. Sebab, paket tour dari D’Aloha Resort sudah mencakup semua yang kamu butuhkan selama di sana.

Mulai dari tour wisata-nya, penginapan di D’ Aloha Resort, sarapan pagi/ makan siang/ malam di D’ Aloha Resort, antar jemput ke Bandara Leo Wattimena Morotai, transportasi darat dan laut selama wisata, snack lunch box, hingga guide profesional selama wisata. Atau intinya, kamu tidak perlu pusing mikirin transportasi, akomodasi dan lain-lain – kecuali kalau kamu sudah pernah ke sana.

banner 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.