banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

Suhu di Kota Pontianak Panas, Wako Edi: Waspada Karhutla

Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono saat memadamkan kebakaran lahan beberapa tahun lalu. (dok).
banner 120x600

triggernetmedia.com – Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono mengatakan, kebakaran lahan di beberapa titik yang diakibatkan memuncaknya suhu panas di Kota Pontianak hingga di atas 30 derajat celcius harus diwaspadai oleh seluruh pihak.

“Kita tentu tak ingin kebakaran lahan tersebut semakin meluas hingga mengakibatkan kabut asap dan mengganggu aktivitas warga,” katanya. Selasa (1/3/2022).

“Saya tekankan camat, lurah, RT dan RW terutama yang lingkungannya terdapat lahan gambut untuk waspada dan sigap bila terjadi kebakaran lahan di lingkungannya,” sambung Edi.

Edi mengimbau, apabila terjadi kebakaran lahan di lingkungan sekitarnya agar segera dipadamkan guna mencegah meluasnya kobaran api. Dirinya mengingatkan masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran lahan.

“Termasuk membuka lahan perumahan dengan cara membakar lahan. Pembakaran lahan baik yang disengaja atau tidak bisa berdampak luas dan tidak terkendali,” sebutnya.

“Bagi warga yang memiliki lahan diharapkan untuk mengawasi lahannya karena terkadang mereka tidak menyadari lahannya terbakar,” timpal Edi.

Di beberapa wilayah di Kota Pontianak, sebagian masih ada lahan yang bergambut, diantaranya wilayah Pontianak Selatan dan Tenggara termasuk sebagian di Pontianak Utara.

Pemkot Pontianak melalui perangkat daerah seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pontianak, camat dan lurah untuk melakukan monitoring dan piket siaga untuk berjaga-jaga jika terjadi kebakaran lahan dengan melibatkan masyarakat.

“Selain itu, sumber-sumber air yang ada juga harus dirawat untuk memudahkan saat memadamkan kebakaran lahan,” ujar Edi.

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *