banner 120x600

YIARI Salurkan Bantuan Perahu Klotok di Melawi, Petani Sayur Mengaku Terbantu

Perahu klotok bantuan YIARI untuk masyarakat di Desa Nusa Poring dan Mawang Mentatai,Kecamatan Menukung ,Kabupaten Melawi Provinsi Kalimantan Barat.
banner 120x600

triggernetmedia.com – Yayasan Inisiasi Alam Rehabilitasi Indonesia (YIARI) menyerahkan bantuan berupa satu unit perahu klotok kepada masyarakat Desa Nusa Poring dan Mawang Mentatai, Kecamatan Menukung di Kabupaten Melawi, Provinsi Kalimantan Barat.

Bantuan tersebut diberikan YIARI kepada kelompok petani yang ada di dua desa untuk dipergunakan sebagai sarana transportasi masyarakat untuk memasarkan hasil bercocok tanam mereka, antara lain sayur-sayuran.

“Bantuan perahu ini mulai beroperasi pada Senin, 13 Desember kemarin,” kata Koordinator Program Comdev YIARI, Markolaus Sutopo kepada triggernetmedia.com, Selasa (14/12/2021).

Markolaus Sutopo mengaku, dirinya juga turut serta pada peluncuran perdana perahu bermotor yang mengangkut ibu-ibu yang mengangkut sayuran mereka dari Dusun Sekujang Desa Nusa Poring menuju Desa Nanga Mentatai untuk dipasarkan.

“Sepanjang sungai Melawi sampai kecamatan Serawai kabupaten Sintang saya ikut dalam perjalanan perdana perahu motor ini,” ujar Markolaus Sutopo.

“Bantuan perahu bermotor semoga dapat meringankan beban petani setelah sebelumnya mereka mesti membayar Rp140 ribu perorang untuk sewa perahu untuk memasarkan sayuran mereka, kini mereka tidak perlu lagi membayar sewa, mereka hanya membayar iuran Rp60 ribu saja, dan itupun untuk uang kas mereka, juru mudi dan kernet perahu motor sementara ini kita sediakan,” katanya menambahkan.

Sutopo menyebut, sebagai komitmen YIARI dalam program pemberdayaan masyarakat, YIARI bukan hanya lembaga yang konsens dengan isu-isu satwa tetapi pihaknya juga konsens dengan isu kemanusiaan.

“Kkita tidak hanya peduli terhadap orangutan tetapi kita juga peduli terhadap masyarakat setempat,” ujarnya.

Juliana salah satu petani yang ikut memasarkan hasil pertaniannya mengaku bantuan perahu kelotok sayur ini sangat membantu mereka khususnya, dan sangat meringankan biaya pengeluaran.

“Kami sangat merasa terbantu dengan adanya kapal sayur ini, terima kasih YIARI,” ucapnya.

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *