banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

Mengenal Sejarah Lengkap Pancasila: Pengertian, Isi, dan Makna Lambang Burung Garuda

Ilustrasi pancasila
banner 120x600

triggernetmedia.com – Pancasila merupakan sebuah dasar negara Indonesia. Penasaran dengan sejarah Pancasila termasuk tanggal lahir, pengertian, isi, dan maknanya? Simak ulasan Suara.com berikut ini.

Di dalam sejarahnya, Pancasila memiliki lambang yakni Burung Garuda Pancasila, dengan tujuh belas helai bulu di tiap sayapnya, delapan helai bulu di ekornya, sembilan belas bulu di pangkal ekor, dan empat puluh lima helai di bagian leher.

Sejak kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945, Burung Garuda digambarkan sebagai lambang yang gagah dan juga cemerlang. Bahkan arti Burung Garuda memiliki semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

Dilansir dari Rumahbelajar.id, berikut sejarah Pancasila, pengertian, dan makna Burung Garuda.

Sejarah Pancasila

Asal-usul Pancasila memiliki riwayat yang panjang. Pada tahun 1945, para pendiri bangsa telah menetapkan Pancasila sebagai dasar negara. Dengan sebutan “Bhineka Tunggal Ika”, Pancasila memiliki lima sila, yaitu:

  1. Ketuhanan Yang Maha Esa;
  2. Kemanusiaan yang adil dan beradab;
  3. Persatuan Indonesia;
  4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan;
  5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.
Ilustari gedung Pancasila (pixabay)
Ilustari gedung Pancasila (pixabay)

Pancasila dicetuskan oleh sejumlah tokoh-tokoh kemerdekaan Indonesia, termasuk Ir Soekarno, Muhammad Yamin, dan Prof Soepomo.

Atas dasar inilah, Pancasila memiliki lima lambang yang diartikan mampu menatap masa depan, siap bekerja membangun dunia baru, mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur tanpa penjajahan.

Meski disahkan pada tanggal 18 Agustus 1945 lewat sidang PPKI, namun tanggal 1 Juni ditetapkan sebagai Hari Lahir Pancasila.

Makna Burung Garuda

 

Sumber : Suara.com

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *