banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

Orangtua Cerdas Tak Selalu Punya Anak Cemerlang, Ini yang Bisa Dilakukan Bunda

Ilustrasi anak cerdas
banner 120x600

triggernetmedia.com – Orangtua cerdas tak bisa jadi jaminan akan memiliki anak cerdas. Itu terjadi karena genetik hanya berperan 20 persen dalam membentuk kecerdasan anak.

Dokter Spesialis Anak sekaligus konsultan tumbuh kembang anak dr. Fitri Hartanto mengatakan, ada faktor lain yang dapat memengaruhi kecerdasan anak, dan itu adalah faktor lingkungan.

“Pengaruh lain, faktor lingkungan di mana 80 persen sangat memengaruhi. Jika orangtua tidak melakukan stimulasi, tidak memerhatikan kesehatan anak, mungkin asupan (gizi) kurang, sehingga banyak orangtua pendidikan tinggi, tapi putra-putrinya ada masalah pertumbuhan,” papar dokter Fitri dalam webinar Perayaan Hari anak Nasional, Kamis (29/7/2021).

Untuk itu orangtua wajib tahu apakah anak mereka memiliki tumbuh kembang yang normal. Dan meski yakin memiliki bekal kecerdasan 20 persen secara genetik, tetapi 80 persen faktor lain sangat tergantung dari cara orangtua memenuhi kebutuhan dasar, yakni asuh, asah, dan asih.

Dokter Fitri menjelaskan, yang dimaksud kebutuhan asuh merupakan anak harus terpenuhi kebutuhan nutrisi, cairan, juga lingkungan yang bersih dan sehat.

“Caranya salah satunya dengan imunisasi, membuat rumah dengan ventilasi yang baik, sumber air yang bersih, pencahayaan, jangan lupa berekreasi, ini penting bagi anak dalam memenuhi kebutuhan asuh,” ucapnya.

Kemudian kebutuhan asah, dengan menstimulus sel saraf otak anak. Ia mengatakan bahwa 95 persen area otak bertumbuh hingga usia anak enam tahun. Bahkan 80 persen pertama terjadi pada 1.000 hari pertama sejak masih di dalam kandungan.

Dokter Fitri mengingatkan, kalaupun asupan nutrisi anak tercukupi, tetapi sel sarafnya tidak dirangsang, maka tumbuh kembang anak juga tidak akan optimal.

Selanjutnya kebutuhan asih, berupa kasih saya dari orangtua. Namun, Ketua Ikatan Doktet Anak Indonesia (IDAI) cabang Jawa Tengah itu mengingatkan, orangtua maupu  anggota keluarganya jangan memberikan kasih sayang negatif kepada anak.

“Satu contoh, pada saat dia seharusnya belajar tapi tidak diberi kesempatan belajar. Contohnya, dia belajar ngomong kalau mau sesuatu misalnya minum, namun pada anak sering kali dilayani. Ingin sesuatu hanya dengan gerak tangan atau menarik saja tangan orangtua. Hal ini nanti menyebabkan keterlambatan bicara,” jelasnya.

Pemberian kasih sayang yang kurang tepat dan terlalu memanjakan anak juga bisa sebabkan gangguan perilaku. Misalnya, anak terbiasa mendapatkan apa pun yang diinginkannya. Namun ketika tidak bisa mendapatkan sesuatu, anak akan marah dan bertindak semaunya.

“Kalau hal ini tidak kita berikan pembelajaran yang benar maka gangguan perilaku tantrum pasti akan terjadi pada anak,” ucap dokter Fitri.

Ia menyampaikan , baik kebutuhan asah, asuh, dan asih harus diberikan sepenuhnya kepada anak. Tidak bisa dipisahkan atau dihilangkan salah satunya.

 

Sumber : Suara.com

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *