banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

Cara Mengembalikan Akun Facebook, Instagram, dan WhatsApp yang Kena Retas

Aplikasi Instagram pada ponsel pintar bersistem iOS
banner 120x600

triggernetmedia.com – Phising sedang jadi tren di dunia kejahatan siber saat ini. Gara-gara phising kita bisa kehilangan akun Facebook, WhatsApp, atau Instagram.

Phising adalah upaya mendapatkan informasi data seseorang yang dilakukan dengan mencuri akun pengguna. Ada banyak teknik dan modus phishing. Umumnya, teknik penipuan ini berupaya memengaruhi sisi emosional agar terpancing atau berpura-pura menjadi seseorang yang kita kenal lalu meminta uang atau menawarkan bantuan tertentu.

Beberapa cara sederhana dapat dilakukan agar terhindar dari jebakan phishing. Caranya, pengguna bisa mengganti kata sandi akun secara rutin dan tidak memberikan detail login akun kepada siapapun, hindari menerima permintaan pertemanan dari orang tak dikenal.

“Pengguna juga bisa melaporkan ke pihak aplikasi seperti Facebook (phish@fb.com) jika menerima email atau pesan yang mencurigakan,” tulis Facebook dalam rilis yang diterima, Selasa (6/7/2021)

Namun bagaimana jika akun sudah terjebak dalam kampanye phising dan kemudian diambilalih oleh pihak tak bertanggung jawab? Berikut cara mengembalikan akun Facebook, Instagram, dan WhatsApp apabila terkena hack.

Cara Mengembalikan Akun Facebook
1. Laporkan kejadian tersebut melalui tautan http://www.facebook.com/hacked. Isi laporan dengan alamat email dan nomor ponsel yang digunakan saat mendaftar atau membuat akun Facebook.
2. Untuk sementara waktu, anda mungkin tidak dapat mengakses akun. Tidak perlu khawatir, pastikan anda telah mengisi laporan dengan data-data yang benar.
3. Selama proses verifikasi data, Facebook akan meminta anda untuk mengirimkan foto kartu identitas, seperti KTP atau SIM.
4. Facebook akan mengirimkan notifikasi melalui email apabila akun anda telah berhasil dipulihkan.

Cara Mengembalikan Akun Instagram
1. Laporkan kejadian tersebut melalui tautan help.instagram.com
2. Ketika laporan anda telah disampaikan ke Instagram, mungkin akun anda akan terlihat hilang. Ini merupakan salah satu langkah Instagram untuk memastikan bahwa akun Anda benar dibajak.
3. Periksa email yang digunakan untuk membuat akun secara berkala.
4. Instagram akan mengirimkan email yang meminta pengguna untuk mengisi formulir dan menyertakan data diri, seperti foto atau KTP.
5. Proses verifikasi umumnya membutuhkan waktu empat sampai tujuh hari. 6. Instagram akan memberikan konfirmasi melalui email jika akun sudah pulih.

Cara Mengembalikan Akun WhatsApp
1. Segera lakukan verifikasi dengan masuk ke aplikasi WhatsApp dan masukkan nomor ponsel yang terdaftar. Cara verifikasi nomor dapat dilihat di http://faq.whatsapp.com/android/verification/verifiying-your-number
2. Setelah verifikasi, anda akan menerima kode 6 angka via SMS. Masukkan kode tersebut ke aplikasi WhatsApp.
3. WhatsApp biasanya akan meminta kode Autentikasi Dua Langkah. Namun jika pengguna belum mengaktifkannya, akses kembali ke WhatsApp akan diterima tujuh hari setelah proses verifikasi nomor.

 

Sumber : Suara.com

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *