banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

Bisnis Waralaba Makanan Rakyat Ini Terus Tumbuh Ditengah pandemi

Crispyku Fried Chicken.
banner 120x600

triggernetmedia.com – Di tengah pandemi Covid-19, bisnis waralaba menjadi salah satu sektor yang sangat terpukul. Hal ini tak terlepas dari adanya kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) maupun Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro oleh pemerintah.

Selain itu, menurunnya daya beli masyarakat juga terus mengakibatkan penurunan omset pelaku bisnis waralaba, baik franchisor (pemberi waralaba) maupun franchisee (pembeli waralaba).

Beberapa waktu lalu, pada April 2021 kepada awak media, Ketua Komite Tetap Bidang Waralaba Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Levita Ginting Supit mengatakan, terdapat 15% atau sekitar 953 gerai waralaba dari total 5.621 gerai dari 30 merek tutup selama pandemi Covid-19.

Namun di balik itu semua, nyatanya sektor kuliner bisnis waralaba masih mampu bertahan, bahkan ada yang masih superior di tengah gempuran pandemi. Salah satunya seperti bisnis ayam goreng atau fried chicken yang sering dijumpai di pinggir jalan.

Owner Crispyku Fried Chicken, Alexander Theo mengaku sempat terjadi penurunan omset, tapi masih bisa survive.

“Tahun lalu, terjadi penurunan omset di kami itu sepanjang April-Mei sekitar 20-30 persen. Kalau di sektor lain bisa sampai 50 persen. Dan mitra-mitra juga masih berjualan. Di tahun ini sudah mulai ada peningkatan walau masih belum signifikan, sekitar 6 persen,” ujarnya.

Crispyku Fried Chicken. (Dok. Istimewa)
Crispyku Fried Chicken. (Dok. Istimewa)

Jumlah mitra juga mulai kembali ada peningkatan. Selama Januari-Juni 2021 sudah ada 45 outlet Crispyku Fried Chicken baru yang buka.

Tentunya ada berbagai strategi dan persiapan yang dilakukan Alex agar bisnisnya tetap dapat bertahan bahkan bertumbuh di tengah pandemi. Ia menyebut, selama pandemi Crispyku Fried Chicken lebih memperkuat sistem manajemen, seperti mempermudah pemesanan bahan baku secara online, pengiriman bahan baku yang cepat dan terjamin aman, dan layanan bantuan yang selalu stand by selama 8 jam kerja.

Bahkan Alex masih tetap menggelontorkan modal usaha untuk menjalankan berbagai promosi, baik melalui media sosial, website, hingga YouTube.

Menurutnya, bisnis waralaba fried chicken masih menjadi salah satu pilihan yang sering diambil oleh masyarakat akibat pemutusan hubungan kerja (PHK) maupun yang ingin memiliki pemasukan tambahan imbas pandemi Covid-19.

Sumber : Suara.com

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *