banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

Penguatan Implementasi SAKIP, Sekda Kalbar: Pemprov Bisa Baik Kalau Kabupaten/Kota Juga Mendukung

Kegiatan Pendampingan Penguatan Implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), di Hotel Aston Pontianak, Rabu (16/6/2021).
banner 120x600

triggernetmedia.com – Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat,  A.L. Leysandri menegaskan, SAKIP adalah Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan, di mana sistem ini merupakan integrasi dari sistem perencanaan, sistem penganggaran dan sistem pelaporan kinerja, yang selaras dengan pelaksanaan sistem akuntabilitas keuangan.

“Penyelenggaraan SAKIP mempunyai tujuan akhir pada peningkatan kualitas pelayanan publik, melalui sejumlah perubahan seperti perencanaan strategis yang berkualitas, penjabaran kinerja, keterlibatan dari pemangku kepentingan, serta pelaporan kinerja yang berkualitas,” paparnya dalam kegiatan Pendampingan Penguatan Implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), di Hotel Aston Pontianak, Rabu (16/6/2021).

“Saya berharap kegiatan ini mampu mendorong tujuh Kabupaten di wilayah Kalbar (Kabupaten Bengkayang, Kayong Utara, Kubu Raya, Landak, Melawi, Sanggau dan Sintang) untuk meningkatkan penyelenggaraan SAKIP di daerah masing-masing, dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, melayani secara adil dan bijaksana melalui perbaikan-perbaikan yang ditindak lanjuti,” kata Leysandri menambahkan.

Menurutnya, proses panjang dalam mewujudkan tanggung jawab moral untuk melakukan reformasi birokrasi, sebagai pintu masuk dalam melakukan akselerasi pelayanan kepada masyarakat secara lebih optimal. Karena itu  dibutuhkan komitmen yang kuat serta dukungan semua pihak sangat diperlukan dalam mewujudkan lembaga pemerintahan yang akuntabel.

“Pemprov bisa baik kalau kabupaten/kota juga men-support (mendukung),” ujarnya. (*)

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *