banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

Ditunjuk Jadi Calon Dubes Spanyol, Terawan Pilih Mundur?

Mantan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengikuti rapat kerja dengan Komisi IX DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (10/3/2021).
banner 120x600

triggernetmedia.com – Mantan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto dikabarkan mundur dari pencalonan dirinya menjadi duta besar Indonesia untuk Spanyol. Kabar mundurnya terawan itu dibenarkan Anggota Komisi I DPR RI Taufiq R Abdullah.

Taufik mengaku juga mendengar kabar ihwal mundurnya Terawan.

“Iya saya dengar,” kata Taufik dikonfirmasi wartawan, Jumat (21/5/2021).

Kabar tersebut diperkuat dengan hilangnya nama Terawan dalam daftar calon duta besar di surat yang dikirimkan Presisen Jokowi ke DPR. Diketahui dalam rapat paripurna Kamis (20/5), Wakil Ketua DPR Muhaimin Iskandar membacakan adanya tiga surat presiden yang berkaitan dengan pencalonan dubes.

“Iya dia (Terawan), sudah gak ada di situ,” kata Taufik.

Taufik menambahkan bahwa sudah ada pengganti Terawan. Namun ia tidak menyebutkan siapa lantaran tidak memegang daftar terbaru para calon dubes.

Isu Calon Dubes

Terawan Agus Putranto dikabarkan ditunjuk pemerintah menjadi duta besar Spanyol yang berkedudukan di Madrid.

Hanya saja, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah belum bisa memberikan konfirmasi terkait kabar tersebut. Alasannya, ia tidak memiliki kewenangan untuk mengumumkannya.

“Saya tidak bisa konfirmasi, dalam praktek dan adab diplomasi, nama-nama calon dubes tidak dibuka ke publik, setidaknya sampai diperoleh persetujuan dari negara yang dituju atas calon yang diajukan,” kata Teuku kepada wartawan.

Berdasarkan informasi yang terhimpun, sejumlah calon dubes termasuk nama Terawan yang menurut Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad sudah diterima DPR RI untuk segera disahkan.

“Sudah diterima minggu lalu, tapi saya tidak hafal nama-namanya,” ucap Dasco.

Terawan sendiri belum menjawab ketika dikonfirmasi Suara.com terkait kebenaran kabar yang beredar tersebut.

Selain Terawan, ada pula nama Ketua Kamar Dagang Indonesia (KADIN) Rosan Roeslani yang dicalonkan menjadi Dubes RI untukl Amerika Serikat di Washington D.C.

Kemudian ada Komisaris PT Yodya Karya (Persero), hairi Misrawi sebagai bakal calon duta besar RI untuk Arab Saudi. Dia tercatat sebagai anggota tim kampanye Presiden Joko Widodo pada pemilihan presiden 2014 dan 2019.

Sumber : Suara.com

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *