banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

Kominfo Masih Dalami Penjualan Data 270 Juta Penduduk di Forum Online

Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate.
banner 120x600

triggernetmedia.com – Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan tengah mendalami kasus dugaan kebocoran data 279 juta penduduk Indonesia yang dilaporkan berasal dari BPJS Kesehatan.

“Kementerian Kominfo sedang melakukan pendalaman atas dugaan kebocoran data tersebut,” jawabnya singkat ketika dihubungi, Kamis (20/5/2021).

Selain Menkominfo, BPJS Kesehatan juga angkat suara mengenai dugaan kebocoran data ini. Pihaknya sedang melakukan penelusuran untuk memastikan apakah kebocoran data memang berasal dari BPJS Kesehatan.

“Saat ini kami sedang melakukan penelusuran lebih lanjut untuk memastikan apakah data tersebut berasal dari BPJS Kesehatan atau bukan. Kami sudah mengerahkan tim khusus untuk sesegera mungkin melacak dan menemukan sumbernya,” kata pihak BPJS ketika dikonfirmasi, Kamis (20/5/2021).

Selain itu, pihak BPJS Kesehatan menegaskan bahwa mereka telah memastikan keamanan data peserta terlindung. Sebab lembaga tersebut memiliki sistem pengamanan data yang dinilai ketat dan berlapis.

“Dengan big data kompleks yang tersimpan di server kami, kami memiliki sistem pengamanan data yang ketat dan berlapis sebagai upaya menjamin kerahasiaan data tersebut, termasuk di dalamnya data peserta JKN-KIS,” jelasnya.

Lebih lanjut, BPJS Kesehatan juga memastikan telah melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk memberikan perlindungan data yang lebih maksimal.

Sebagaimana diketahui, Media sosial Twitter dihebohkan dengan beredarnya kebocoran data penduduk Indonesia hingga 279 juta orang. Data ini diketahui dijual di forum online Raidforums.com pada 12 Mei 2021 lalu.

Data tersebut diunggah oleh sebuah akun bernama kotz. Dalam deskripsinya, data ini terdiri dari nama lengkap, KTP, nomor telepon, email, hingga alamat.

Akun tersebut juga memberikan 1 juta sampel untuk mengeceknya secara gratis dari total 279 juta data. Bahkan 20 juta data lainnya juga menampilkan foto pribadi.

Disebutkan bahwa data ini didapatkan dari BPJS Kesehatan. Akun tersebut mengatakan kumpulan data ini dijual seharga 0,15 Bitcoin atau sekitar Rp 87,6 juta.

 

Sumber : Suara.com

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *