banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

Dokter Penentang Vaksin Virus Corona Meninggal Dunia karena Covid-19

Dokter Stephen Karanja yang anti vaksin covid-19 meninggal dunia karena terinfeksi virus corona.
banner 120x600

triggernetmedia.com – Seorang dokter kenamaan yang menentang vaksin virus corona dan dikenal sebagai pendukung teori konspirasi meninggal dunia setelah mengidap Covid-19.

Stephen Karanja, dokter yang terkenal karena menentang vaksin virus corona serta pendukung teori konspirasi, meninggal dunia hari Kamis (29/4/2021) akibat covid-19.

Dia sempat dirawat di satu rumah sakit swasta di ibu kota Kenya, Nairobi. Saat masih hidup, Dr Karanja adalah ketua asosiasi dokter Katolik Kenya. Di organisasi ini, dia digambarkan sebagai “dokter pejuang sejati”.

Dia tidak setuju dengan suntikan vaksin untuk menekan pandemi Covid-19 dengan mengatakan “vaksinasi sama sekali tak diperlukan”.

Penyebaran Covid-19, menurutnya, bisa ditekan “cukup dengan mengenakan masker”.

Media di Kenya memberitakan Dr Karanja—yang merupakan dokter spesialis kandungan—menuduh pemerintah “tidak mengeluarkan informasi yang akurat terkait infeksi Covid-19”.

Ia mengeklaim Covid-19 bisa diatasi dengan “obat biasa dan murah yang tersedia di pasar”.

Ia juga mengatakan, Covid-19 “bisa dilawan dengan menghirup uap air”.

Disebutkannya, pemerintah “bisa mencegah orang-orang jatuh sakit, bisa menekan anggaran, dan bahkan mencegah kematian seandainya memanfaatkan obat-obat preventif ketika melawan Covid-19”.

Namun klaim ini dengan cepat dibantah oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Konferensi Uskup Katolik Kenya (KCCB).

Dalam satu pernyataan, KCCB mengatakan, “Kami ingin menekankan bahwa vaksin Covid-19 sangat penting untuk melindungi kita semua … selain [protokol kesehatn] seperti mencuci tangan, menjaga jarak, dan mengenakan masker.”

Mereka menyebut klaim Dr Karanaja “keliru dan menyebabkan ketidakpastian”.

Dalam video yang beredar di media sosial pada akhir Maret, Dr Karanja mengkritik penerapan lockdown atau karantina wilayah di lima wilayah di Kenya.

Ia mengatakan karantina wilayah “tidak efektif dari sisi medis”.

“Ketika Anda mengkarantina orang, Anda sebenarnya tidak sedang mengatasi penyakit. Ini tak berguna, berbahaya, dan harus dicabut sesegera mungkin,” kata Dr Karanja seperti dikutip media Kenya.

Dr Karanja juga dikenal sebagai pendukung teori konspirasi bahwa pandemi Covid-19 “sengaja disebar sebagai alat untuk mengurangi jumlah penduduk”.

 

Sumber : Suara.com

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *