banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

8 Makanan Tradisional Indonesia, Wajib Dicoba untuk Menu Buka Puasa

Makanan Tradisional Indonesia, Rendang jamur
banner 120x600

triggernetmedia.com – Makanan tradisional Indonesia memang beraneka ragam. Setiap daerah di Indonesia memiliki ciri khas dan keunikan makanan tradisional. Beberapa makanan tradisional Indonesia berikut ini bisa jadi ide Anda sebagai menu buka puasa nanti.

Dari ribuan makanan tradisional tersebut, sedikitnya ada 8 makanan tradisional Indonesia yang paling dikenal oleh masyarakat luas dan wajib Anda coba.

Berikut ini daftar 8 makanan tradisional Indonesia terpopuler dan patut dicoba!

1. Rendang 

Siapa sih yang tak mengenal makanan tradisional khas Sumatera Barat ini? Bahkan kelezatannya telah diakui hingga ke mancanegara.

Chef ternama dunia, Gordon Ramsay, juga pernah menjajal membuat rendang di acara  National Geographic Uncharted didampingi oleh pakar kuliner Indonesia, William Wongso.

Masak Rendang 30-30-30, Daging Empuk dan Bumbu Meresap. (YouTube/Dapur Ranie Ancak)

2. Gudeg 

Nah, kalau makanan tradisional yang satu ini pasti sudah banyak diketahui masyarakat. Gudeg merupakan makanan khas Yogyakarta yang terbuat dari nangka muda dan dimasak menggunakan santan.

Dalam pembuatannya, dibutuhkan waktu antara 18-24 jam untuk menghasilkan gudeg yang nikmat, lembut, berempah, dan lezat. Selain itu, gudeg disajikan dengan krecek, ayam kampung, tahu, tempe, dan telur.

Ilustrasi gudeg khas Yogyakarta. (Instagram/@athaliaafood.id)

3. Papeda

Makanan tradisional selanjutnya berasal dari Papua dan terbuat dari sagu bernama papeda.

Umumnya, papeda disiram dengan kuah kuning yang terbuat dari ikan tongkol atau ikan mubara dan diberi rempah seperti kunyit juga jeruk nipis. Teksturnya lembek dan kenyal. Perlu trik khusus untuk menyantap papeda.

Papeda, makanan khas Papua yang terbuat dari sagu. (Foto: suara.com/Dinda Rachmawati)

4. Soto Banjar 

Seperti namanya, soto ini berasal dari Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Soto Banjar ini memiliki rasa manis, gurih, asin, dan segar dengan perpaduan kayu manis, biji pala, serta cengkeh.

Soto banjar [resepkoki.id]
5. Gulai Belacan 

Masakan khas Riau ini terbuat dari campuran belacan atau terasi dan biasanya menggunakan isian udang atau ikan.

Warnanya kuning kemerahan mirip dengan balado atau gulai ayam pada umumnya. Rasanya gurih dan pedas, sangat cocok disantap dengan nasi hangat.

6. Gulai Ikan Patin

Makanan tradisional khas Jambi ini berbeda dari gulai pada umumnya. Ia dimasak menggunakan tempoyak sebagai bumbu utama sehingga rasanya unik dan memiliki aroma durian yang kuat.

7. Kerak Telor 

Salah satu makanan khas Betawi yang satu ini mirip dengan martabak namun dengan isian yang berbeda. Bahan utamanya ialah beras ketan lalu diberi topping telur ayam, ebi, dan serundeng atau kelapa sangrai. Selanjutnya ditambah bawang merah goreng dan bumbu-bumbu lain.

Kerak telor. (@kuliner_asiksolo/Instagram)

8. Sop Konro 

Tak kalah unik, di Sulawesi Selatan ada sup konro yang terbuat dari iga atau daging sapi dan disiram dengan kuah coklat kehitaman lalu dipotong dengan ketupat. Jangan lupa mencicipi es pisang ijo yang manis sebagai makanan penutupnya.

Sajian Sop Konro Makassar. (Youtube/Dapur Adis)

Itulah 8 makanan tradisional Indonesia yang cocok dicoba untuk menu buka puasa Ramadhan.

 

Sumber : Suara.com

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *