banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

Hadirkan Kampung Digital Gradasi, ERKA: Pontianak Berpotensi Jadi Kota Digital

Wali Kota Pontianak meresmikan Kampung Digital Gradasi, Kamis (15/4/2021).
banner 120x600

triggernetmedia.com – Berbagai produk UMKM dipamerkan di Kampung Digital Gang H Mursyid, Kelurahan Benua Melayu Laut, Kecamatan Pontianak Selatan. Produk-produk UMKM tersebut selain dipasarkan secara langsung, juga memanfaatkan teknologi digital melalui marketplace di website waroengkite.id.

Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono mengatakan, kekinian dunia digital sudah menjadi kebutuhan masyarakat terutama di tengah pandemi. menurutnya keberadaan kampung digital ini bisa memajukan aktivitas yang berkaitan dengan ekonomi kreatif.

“Kampung Digital Gradasi ini bisa dimanfaatkan masyarakat dalam kegiatan perekonomian dan lainnya. Semoga Kota Pontianak bisa menjadi salah satu Kota Digital di Indonesia yang akan dicanangkan ke depan,” ujarnya usai meresmikan Kampung Digital Gradasi, Kamis (15/4/2021).

Dikatakan, Kota Pontianak memiliki peluang menjadi kota digital di Indonesia sebab dari data pengguna IT di kota ini mempunyai potensi besar. Ia berharap kampung digital ini bisa berkontribusi dalam memberikan pelatihan-pelatihan bagaimana mendapatkan informasi, bertukar informasi termasuk produktivitas yang bisa dilakukan.

“Hal ini sejalan dengan upaya program smart city di Pontianak,” kat Edi.

Edi menyebut, konsep kampung digital gradasi ini didukung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui pelatihan terhadap pelaku usaha dengan memberikan edukasi dan bantuan dalam meningkatkan kualitas produksi termasuk digitalisasi. Selain itu keterlibatan BKKBN juga dalam upaya untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga.

“Dengan edukasi dan kegiatan ekonomi kreatif sehingga dampaknya bisa dirasakan masyarakat,” kata Edi.

Kampung Digital Gradasi di Tepian Sungai Kapuas Gang H Mursyid.

Kampung digital gradasi merupakan bentuk kolaborasi bersama pelaku UMKM dengan memanfaatkan teknologi informasi seperti e-commerce waroengkite.id.

“Dengan demikian akan semakin dikenal masyarakat luas sehingga pemanfaatan IT dalam memasarkan produk UMKM kian berkembang,” katanya.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kalbar, Tenny Calvenny Soriton memberikan dukungan penuh terhadap kampung digital. Ia berharap kebaradan kampung digital ini bisa memberikan wawasan masyarakat sekitar Kampung KB untuk bisa berinteraksi dengan dunia luar.

“Pada akhirnya bisa berdampak terhadap kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono.

Dengan dukungan Wali Kota Pontianak, dirinya meyakini kampung KB percontohan yang dikolaborasikan dengan kampung digital bisa berkembang dengan baik.

“Kampung KB bukan hanya milik BKKBN tetapi milik semua instansi dan mitra agar bisa membangun dan mengembangkan kampung KB,” tandasnya.

 

Pewarta : Dhesta

Editor : Ariz

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *