banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

Wali Kota Pontianak Gowes Bareng Apeksi Hijaukan Pontianak

Wali kota se-Kalimantan yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) Komisariat Wilayah (Komwil) V Regional Kalimantan bersama Ketua Apeksi Bima Arya Kamis (25/3/2021) pagi keliling Kota Pontianak. Mereka bersepeda dan tampil sporty dari Hotel Aston Pontianak dengab rute Jalan Hijas, Tanjungpura, Rahadi Usman, Sidas, Jenderal Urip, HOS Cokroaminoto, Gusti Sulung Lelanang, Ahmad Yani dan finish di Taman Sepeda Untan.
banner 120x600

triggernetmedia.com – Wali kota se-Kalimantan yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) Komisariat Wilayah (Komwil) V Regional Kalimantan bersama Ketua Apeksi Bima Arya Kamis (25/3/2021) pagi keliling Kota Pontianak. Mereka bersepeda dan tampil sporty dari Hotel Aston Pontianak dengab rute Jalan Hijas, Tanjungpura, Rahadi Usman, Sidas, Jenderal Urip, HOS Cokroaminoto, Gusti Sulung Lelanang, Ahmad Yani dan finish di Taman Sepeda Untan.

Ketua Apeksi yang juga menjabat Wali Kota Bogor, Bima Arya mengapresiasi ajakan Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono selaku tuan rumah penyelenggara Raker Komwil V Apeksi Regional Kalimantan untuk bersepeda menyusuri jalan Kota Pontianak sekaligus menanam pohon.

“Kita senang karena treknya rata, udaranya masih segar,” ungkapnya usai gowes bersama kepala daerah lainnya, Kamis (25/3/2021).

Menurutnya, bagi orang yang gemar bersepeda, menempuh trek di ruas jalan Kota Pontianak sangat menyenangkan meskipun rute yang ditempuh rombongan jaraknya kurang jauh.

“Kalau dua kali lipat dari rute tadi tentu akan lebih leluasa untuk menikmati bersepeda di Kota Pontianak,” kata Bima Arya.

Bima Arya kemudian meminta Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono agar merangkul pehobi sepeda maupun yang tergabung dalam komunitas sepeda, dan menggelar event-event sepeda, termasuk memperbanyak jalur sepeda.

“Sebab tata kotanya sangat menunjang bagi orang yang hobi bersepeda, pesepeda pasti senang untuk gowes di jalanan Kota Pontianak,” terangnya.

Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono menyatakan, kegiatan bersepeda ini untuk memperkenalkan suasana Kota Pontianak terutama di pagi hari pada para tamu raker Apeksi Regional Kalimantan.

“Sehingga tamu-tamu kita bisa merasakan udara pagi di Kota Pontianak yang masih segar,” ujarnya.

Menanggapi masukan dari Ketua Apeksi Bima Arya, Edi menyambut baik hal yang disampaikan Wali Kota Bogor itu.

“Pemkot Pontianak berkomitmen mewujudkan Pontianak sebagai kota yang ramah sepeda. Diantaranya menyediakan jalur sepeda di beberapa ruas jalan serta taman sepeda,” katanya.

”Tentunya dengan bersepeda, selain baik bagi kesehatan, juga untuk meningkatkan kualitas lingkungan karena mengurangi polusi udara,” jelasnya lagi.

Satu diantara komitmen itu, sambubg Edi, yakni dengan membangun Taman Sepeda yang berlokasi di eks Cafe Nineteen Untan, dan akan dituntaskan di tahun 2021.

Saat ini, lanjut Edi, pekerjaannya sudah berjalan setengahnya. Diperkirakan pertengahan tahun 2021 sudah tuntas.

‘Taman Sepeda ini akan dilengkapi dengan fasilitas penunjang diantaranya parkir sepeda, plaza, untuk aktivitas tidak hanya bagi komunitas sepeda tetapi juga umum, serta diorama atlet-atlet sepeda yang telah mengukir prestasi terutama di tingkat nasional maupun internasional. Keberadaan diorama itu sebagai penghargaan kepada atlet-atlet tersebut sekaligus juga bisa memberikan semangat kepada atlet-atlet muda untuk bisa berprestasi,” papar Edi.

“Secara bertahap ruang terbuka hijau, kawasan yang tidak tertata, kita tata, kita percantik sehingga Kota Pontianak memiliki banyak tempat untuk warga melakukan aktivitas rekreasi sekaligus olahraga dan kegiatan lainnya,” katanya menambahkan.

Usai bersepeda, sembilan wali kota beserta Forkopimda Kota Pontianak ini melakukan penanaman pohon bersama di Taman Sepeda.

Selain Pemkot Pontianak selaku tuan rumah, unsur pemerintah kota yang hadir pada raker ini diantaranya Penkot Singkawang, Banjarmasin, Balikpapan, Banjarbaru, Tarakan, Samarinda, Palangkaraya dan Bontang.

 

Pewarta : Dhesta 

Editor : Ariz

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *