banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

Tiga WNI yang Disandera Abu Sayyaf Berhasil Dibebaskan

Ilustrasi kelompok teroris Abu Sayyaf.
banner 120x600

triggernetmedia.com – Tiga dari empat WNI yang disandera oleh kelompok teroris Abu Sayyaf Group (ASG) telah berhasil diselamatkan oleh Aparat Keamanan Filipina pada Kamis (18/3/202).

Ketiganya berasal dari Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara, yakni AKM (Laki-laki, 30), AD (Laki-laki, 41), dan AR (Laki-laki, 26).

“Aparat Keamanan Filipina telah melakukan penyelamatan 3 (tiga) dari 4 (empat) WNI yang disandera oleh kelompok teroris Abu Sayyaf Group (ASG),” tulis keterangan pers Kementerian Luar Negeri, Sabtu (20/3/2021).

Adapun penyelamatan dilakukan pada Kamis (18/3/2021) sore hari di perairan Tawi-Tawi saat kapal yang digunakan kelompok ASG membawa 3 WNI terbalik akibat gelombang laut.

Para WNI sandera tersebut kemudian dipindahkan ASG dari Indanan, Sulu, ke tempat lain karena terdesak akibat operasi gabungan Aparat Keamanan Filipina.

Ketiga WNI tersebut telah diamankan di Marine Police Station Tandubas, Tawi-Tawi. KJRI Davao melalui anggota TNI di Border Crossing Station Indonesia di Bongao, Tawi Tawi juga telah menemui, memverifikasi serta memeriksa kondisi para WNI. Ketiganya dalam keadaan sehat.

Ketiga WNI tersebut rencananya akan dibawa ke Zamboanga sebelum diterbangkan ke Manila untuk proses kepulangan ke Indonesia.

“Sementara itu, 1 (satu) orang WNI lainnya atas nama MK (Laki-laki, 12) belum diketahui keberadaannya,” kata Kemenlu melalui siaran persnya.

Diketahui keempat WNI tersebut merupakan bagian dari lima orang WNI yang diculik Abu Sayyaf pada 16 Januari 2020 di perairan Tambisan, Sabah, Malaysia. Sebelumnya, 1 orang WNI atas nama La Baa ditemukan tewas pada 28 September 2020.

“Kemlu melalui KBRI Manila dan KJRI Davao City akan terus berkoordinasi dengan Pemerintah Filipina dan Aparat setempat untuk memberikan perlindungan bagi WNI tersebut,” katanya.

 

Sumber : Suara.com

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *