banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

Korea Utara Disebut Curi Aset Virtual Rp 4,4 M untuk Danai Nuklir

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un Gambar ini diambil pada 2 Maret 2020.
banner 120x600

triggernetmedia.com – Pasukan peretas Korea Utara disebut berhasil membobol aset virtual hingga ratusan juta dolar untuk mendanai senjata andalan mereka, nuklir dan rudal balistik.

Menyadur CNN Selasa (09/02), informasi rahasia ini bocor dalam laporan PBB yang dirangkum dari negara-negara anggota, badan intelijen, media dan para pembelot.

 

Laporan ini biasanya dirilis setiap enam bulan, satu di awal musim gugur dan satu lagi di awal musim semi.

Dalam laporan itu, disebutkan bahwa Korea Utara telah melakukan ‘operasi terhadap lembaga keuangan dan lembaga pertukaran mata uang virtual’ untuk membayar senjata dan menjaga perekonomian.

Aset virtual yang berhasil dicuri oleh negara pimpinan Kim Jong Un ini mencapai USD 316,4 juta atau sekitar Rp 4,4 miliar, sepanjang tahun 2019 hingga 2020.

 

Dokumen yang sama juga mengungkap Korea Utara memproduksi material fisil, memelihara fasilitas nuklir dan meningkatkan infrastruktur rudal balistik sambil terus mencari informasi untuk program ini dari luar negeri.

Selama ini, Korea Utara terus mengembangkan nuklir dan rudal dalam sistem persenjataan mereka.

 

Penyelidik PBB mengatakan negara itu bisa saja memasang nuklir pada rudal balistik, tapi belum jelas apakah itu bisa masuk kembali ke atmosfer bumi atau tidak.

Mantan Presiden AS Donald Trump sebelumnya berusaha meyakinkan Kim Jong Un untuk menghentikan senjata nuklir melalui diplomasi tingkat tinggi.

 

Trump adalah presiden AS pertama yang bertemu dengan pemimpin Korea Utara. Ia mereka pertama kali bertemu tahun 2018 dan bertemu kembali dua kali. Meski harmonis, Donald Trump tetap gagal meyakinkan Kim Jong Un untuk berhenti mengejar senjata nuklir.

 

Sumber : Suara.com

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *