banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

Zaskia Sungkar Sering Buang Air Kecil saat Hamil, Normalkah?

Irwansyah dan Zaskia Sungkar.
banner 120x600

triggernetmedia.com – Kehamilan pertama Zaskia Sungkar sudah memasuki usia 8 bulan. Istri Irwansyah mengatakan bahwa dirinya rutin kontrol dan kondisi bayinya dalam kandungannya pun sehat.

Tapi usia kehamilannya yang sudah masuk trimester ketiga, Zaskia Sungkar mengaku sering terbangun di malam hari. Ia mengatakan sering bolak-balik ke toilet untuk buang air kecil di malam hari.

 

“Trimester tiga ini beda banget sama trimester pertama, bangun malam terus, pipis malam terus, tapi dinikmati banget ya,” tutur Zaskia Sungkar dalam jumpa pers virtual, baru-baru ini.

Sebagian besar ibu pasti sudah memahami bahwa sering buang air kecil ketika hamil adalah hal yang wajar terjadi. Buang air kecil ini salah satu proses alami tubuh untuk membuang racun, zat limbah atau sisa metabolisme dan cairan berlebih dalam tubuh.

Umumnya, orang bisa buang air kecil sebanyak 6 hingga 8 kali sehari. Tapi, ibu hamil mungkin akan buang air kecil lebih sering dari orang pada umumnya, yang kurang lebih 10 kali sehari.

 

Dilansir dari Alodokter, sering buang air kecil saat hamil adalah hal yang normal, terutama pada trimester ketiga seperti Zaskia Sungkar. Kondisi ini disebabkan oleh perubahan hormon yang terjadi selama masa kehamilan.

Karena, ibu hamil akan menghasilkan lebih banyak darah akibat perubahan hormon. Kondisi ini membuat ginjal lebih banyak menyaring darah dan meningkatkan produksi urine.

 

Bertambahnya jumlah urine ini membuat kandung kemih lebih cepat penuh dan merangsang ibu hamil sering buang air kecil.

Selain itu, seiring bertumbuhnya janin dan bertambahnya usia kandungan, rahim yang seukuran kepalan tangan semakin lama akan kian membesar. Ukurannya yang semakin membesar inilah akan memberi tekanan pada kandungan kemih.

Sehingga ibu hamil sering merasa ingin buang air kecil ketika semakin bertambahnya usia kehamilan. Tapi, frekuensi buang air kecil selama masa kehamilan bisa naik-turun, tergantung pada usia kehamilannya.

 

Sumber : Suara.com

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *