banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

Hadapi Iran, Arab Saudi Siap Kembangkan Senjata Nuklir

Ilustrasi senjata nuklir. [Shutterstock]
banner 120x600

triggernetmedia.com – Arab Saudi siap mempersenjatai diri dengan senjata nuklir jika Iran terus membuatnya. Hal ini disampaikan menteri luar negeri kerajaan untuk urusan luar negeri.

“Ini pasti sebuah pilihan,” kata Adel al-Jubeir kepada kantor berita DPA dalam sebuah wawancara baru-baru ini, dikutip laman Aljazeera, Rabu (18/11/2020).

Jika Iran menjadi negara nuklir, katanya, lebih banyak negara akan mengikuti.

“Dan Arab Saudi telah membuatnya sangat jelas, bahwa mereka akan melakukan apa saja untuk melindungi rakyatnya dan untuk melindungi wilayahnya,” ujar dia.

Baca Juga:Terungkap! Donald Trump Sempat akan Serang Situs Nuklir Iran, Tapi Batal

Teheran telah bekerja membuat senjata bertenaga nuklir selama beberapa dekade. Pada 2015, mereka menandatangani kesepakatan penting nuklir dengan kekuatan dunia untuk menghentikan pengembangan bom, dengan imbalan pencabutan sanksi.

Tetapi Presiden AS Donald Trump pada 2018 secara sepihak, menarik negaranya dari kesepakatan itu. Pemerintahan Trump menginginkan program yang lebih luas dan diakhirinya campur tangan regional Iran, posisi yang didukung oleh Arab Saudi.

“Kami yakin Iran hanya menanggapi tekanan,” kata al-Jubeir.

Ditanya perubahan apa yang dia antisipasi bisa datang begitu Presiden terpilih Joe Biden mengambil alih pada Januari, dia berkata: “Kita harus lihat.”

Biden telah berjanji untuk kembali ke kesepakatan nuklir tetapi mengatakan dia akan berusaha menekan kegiatan regional Iran dan program rudal.

Baca Juga:Mahfud MD Keturunan Madura: Tapi Kalau di Saudi Sering Dipanggil Habib

Pekan lalu, Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud mendesak dunia untuk mengambil “sikap tegas” dalam menangani upaya Iran untuk mengembangkan program nuklir dan rudal balistiknya.

Sebagai tanggapan, juru bicara kementerian luar negeri Iran Saeed Khatibzadeh meminta kerajaan untuk menahan diri dari tuduhan tak berdasar dan penyebar kebencian.

Sumber : Suara.com 

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *