PKK dan DWP Pontianak Bareng Poltekkes Bagikan Masker Gratis

  • Bagikan
Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Kemenkes Pontianak bekerjasama dengan Tim Penggerak (TP) PKK Kota Pontianak dan Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Pontianak membagikan masker secara gratis kepada warga di sejumlah lokasi, pada Kamis (27/8/2020).
banner 468x60

triggernetmedia.com – Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Kemenkes Pontianak bekerjasama dengan Tim Penggerak (TP) PKK Kota Pontianak dan Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Pontianak membagikan masker secara gratis kepada warga di sejumlah lokasi, pada Kamis (27/8/2020).

“Lokasi yang menjadi sasaran pembagian masker diantaranya Jalan Bardanadi, Pelabuhan Senghie dan lokasi lainnya,” kata Ketua TP PKK Kota Pontianak, Yanieta Arbiastutie, Jum’at 28/8/2020) di Pontianak.

Ia menjelaskan,kKegiatan bagi masker gratis untuk masyarakat merupakan bagian dari gerakan Nasional yang digagas oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

“Kita selaraskan dengan tema Peran Perempuan Dalam Gerakan Masker dan dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia,” ujarnya.

Saat membagikan masker, sambung Ketua TP PKK Kota Pontianak, Yanieta Arbiastutie, dirinya mengaku sempat berdialog dan menjelaskan kepada warga pentingnya menggunakan masker.

“Bapak tau kan gunanya masker, kenapa kita harus menggunakan masker. Masker ini gunanya supaya kita tidak tertular virus karena droplet atau percikan air liur dan bisa saja diantara kita sudah ada yang tertular,” tuturnya.

Baca juga  Prospek Iklim Dasarian di Kalbar Update BMKG 31 Juli 2020

Dikatakannya, sejak pandemi Covid-19 di Kota Pontianak, TP PKK Kota Pontianak sebagai mitra pemerintah yang bersentuhan langsung dengan masyarakat melalui kader Posyandu maupun kader PKK di Kecamatan dan Kelurahan senantiasa memberikan pemahaman kepada masyarakat agar mentaati protokol kesehatan.

“Mereka menjadi ujung tombak dalam mensosialisasikan pentingnya protokol kesehatan termasuk penggunaan masker,” ungkapnya.

Meskipun saat ini era new normal, sambung Yanieta, namun kemungkinan virus corona akan hidup selama masih ada media untuk penularan. Salah satu media penularannya adalah manusia.

“Artinya jika ada pemutusan mata rantai dengan cara memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan pakai sabun, menghindari kerumunan maka dengan sendirinya penularan ini bisa dihindari,” jelasnya.

Baca juga  Update Peringatan Dini Cuaca Kalbar, Jumat 16 April 2021 Pukul 18.45 WIB

Yanieta meminta semua pihak tidak lengah dan selalu waspada di era new normal karena saat ini di Kota Pontianak mengalami peningkatan kasus positif Covid-19,

“Saya berharap kegiatan ini berdampak bagi masyarakat terutama lebih peduli dan taat melaksanakan protokol kesehatan,” harapnya.

Direktur Poltekkes Kemenkes Pontianak, Didik Hariyadi mengatakan Kementerian Kesehatan melaksanakan satu gerakan masif yang akan mulai dilaksanakan hari ini.

“Gerakan itu adalah gerakan satu juta masker di seluruh Indonesia sehingga di Indonesia di waktu yang sama pada hari ini melaksanakan kegiatan sejuta masker,” katanya.

Ia berharap melalui kegiatan bagi masker ini masyarakat menyadari pentingnya protokol kesehatan di tengah pandemi.

“Seperti menggunakan masker yang benar, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun dan menghindari kerumunan atau 4M,” tutupnya.

Jim I Ariz

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *