banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

Pemkot Pontianak Apresiasi Kehadiran Uji Swab di RS Untan

Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono.
banner 120x600

triggernetmedia.com – Rencana uji swab Covid-19 dengan metode Polymerase Chain Reaction (PCR) di Laboratorium Rumah Sakit (RS) Untan yang akan dimulai Senin (20/4/2020).

“Dengan adanya fasilitas uji swab di laboratorium RS Untan diharapkan dapat mempercepat hasil pemeriksaan pasien positif atau negatif Covid-19,” ujar Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono, Minggu (19/4/2020) di Pontianak.

Menurut Edi, jika pemeriksaan uji swab sudah bisa dilakukan di RS Untan, maka apabila ada pasien dalam pemantauan bisa langsung diswab.

“Hasilnya bisa segera diketahui sehingga memberikan kepastian,” ujarnya.

Edi mengakui, jika selama ini pihaknya masih sebatas melakukan rapid test, sementara untuk uji swab harus dikirim ke Jakarta. Karena itu untuk mengetahui hasilnya pun cukup memakan waktu.

“Sekarang untuk mengetahui hasil uji laboratorium dari Jakarta relatif lebih lama. Kalau kemarin dalam waktu lima hari, sekarang bisa memakan waktu tujuh hari dan bahkan 14 hari,” ungkap Edi.

Ia menambahkan, pihaknya sejauh ini masih menunggu hasil pemeriksaan Balitbangkes Jakarta terhadap 39 sampel PDP di Pontianak.

“Kalau Laboratorium RS Untan sudah bisa dilakukan pemeriksaan PCR, dalam sehari hasilnya sudah bisa diketahui,” jelas Edi.

Edi menilai jika hasil pemeriksaan yang dikeluarkan pusat memakan waktu yang relatif lama, tentu hal tersebut akan menimbulkan ketidakpastian di masyarakat, apakah hasilnya positif atau negatif.

“Untuk itu, besar harapannya Laboratorium RS Untan bisa segera beroperasi untuk melakukan pemeriksaan swab Covid-19. Mudah-mudahan ini berjalan lancar dan sesuai rencana,” harapnya.

Jim I Ariz

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *