banner 468x60

Rutan Bengkayang Gandeng Media Massa Deklarasikan Resolusi Kemasyarakatan

Trigger Netmedia - 27 Februari 2020
Rutan Bengkayang Gandeng Media Massa Deklarasikan Resolusi Kemasyarakatan
Kepala Rutan Kelas IIB Bengkayang, Chandra Wiharto beserta jajaran dan sejumlah pewarta media massa turut menyaksikan langsung deklarasi resolusi tersebut secara livestreaaming, yang dipimpin langsung Direktur Jendral Pemasyarakatan, Sri Puguh Budi utami. Deklarasi resolusi tersebut ini juga bertepatan dengan ulang tahun pers tahun 2020.  - ()

triggernetmedia.com РKepala Rutan Kelas IIB Bengkayang, Chandra Wiharto beserta jajaran dan sejumlah pewarta media massa pada Kamis (27/2/2020) melakukan deklarasi resolusi kemasyarakatan  bersama Direktur Jendral Pemasyarakatan, Sri Puguh Budi Utami secara live streaming, sekaligus menggelar kegiatan media gathering.

Menurut, Chandra Wiharto, media gathering bertujuan menciptakan informasi yang lebih dalam tentang kemasyarakatan. Telekonferensi bersama media menjadi penting, sehingga kolaborasi sesama kemasyarakatan lebih terutama UPT kemasyarakatan yang ada di daerah dapat menciptakan citra kemasyarakatan yang lebih positif.

“Kita berupaya melakukan berbagai kegiatan positif, terutama yang berkaitan dengan resolusi pemasyarakatan, seperti yang disampaikan dirjen pemasyarakatan terkait komitmen mendorong sekitar 681 satuan kerja, UPT kemasyarakatan untuk meraih predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Dari 681 UPT di seluruh Indonesia, salah satu di Bengkayang juga berupaya untuk mencapai predikat itu,” kata Chandra Wiharto.

Dalam mencapai status atau predikat WBK dan WBBM, sambungnya, Rutan Kelas IIB akan bekerja dengan keras untuk menuju arah WBK. Sebagaimana diketahui bahwa Zona Integritas (ZI) adalah predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan WBKdan WBBM melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Baca juga  Perketat Pengawasan Wujudkan WBK dan WBBM

“Guna mencapai ini tentu kita akan melakukan sosialisasi kepada warga binaan dan masyarakat terutama keluarga dari warga binaan. Bahwa kami pelayanan terhadap mereka seluruhnya tidak memungut biaya, hak-hak mereka kita berikan berdasarkan ketentuan yang berlaku. Hal itu juga berkaitan misalnya dengan pemberian remisi, pemberian integrasi dan sebagainya, termasuk masyarakat yang datang mengunjungi keluarga tidak di pungut biaya,” jelasnya.

Chandra berharap, setelah adanya sosialisasi masyarakat akan tahu bahwa tidak ada punggutan liar dan gratifikasi.

“Menuju WBK kita ada survei penilian berkaitan dengan itu, Alhamdulillah kita IPK dan IKM nya masuk dalam kategori sangat baik. Walaupun sana sini menyatakan masih ada kekurangan,” sebutnya.

Chandra menambahkan, peran media sangat membantu dan mendukung dalam penyampaian informasi. Karena selain memberikan edukasi kepada masyarakat juga menginformasikan bahwa tidak semua Lapas atau rutan itu seperti yang dibicarakan diluar sana.

“Media sangat mendukung, karena sebagai sarana penyampaian informasi. Karena kadang-kadang anggapan orang lapas atau rutan itu tempat belajarnya orang yang tadinya tidak tahu kejahatan jadi tahu kejahatan. Kami selaku berupaya memberikan pembinaan terhadap mereka,” kata dia.

Baca juga  BBPOM Pontianak Siap berinovasi Menuju WBBM

Penghuni Rutan kelas IIB Bengkayang, sambungnya, sudah melebihi kapasitas. Setidaknya ada sebanyak 162 warga binaan di Rutan Kelas IIB. Ia menyatakan hal ini sudah melebihi, karena jika menurut kapasitas Rutan Bengkayang hanya 119 orang. Dalam menangkal hal ini salah satunya adalah resolusi kemasyarakatan.

“Dalam resolusi ini nanti kita akan mengejar over kapasitas, jadi mudah-mudahan dengan seperti itu kita bisa lebih cepat memberikan keluar dan tidak terjadi over kapasitas. Makanya kami mencanangkan di tahun 2020 ini sudah diprogramkan untuk mendapatkan remisi yang sudah memenuhi persyaratan itu sekitar 120 orang,” bebernya.

“Mudah-mudahan ditahun 2020 ini yang mendapatkan remisi lebih pendek masa pidananya, dan t
Tahun 2020 ini ada 50 orang yang mendapatkan Pembebasan Bersyarat (PB) dan Cuti Bersyarat (CP). Jadi minimal 2020 ini kita sudah mengurangi 50 orang,” pungkasnya.

Doe I Ariz

banner 468x60

Tinggalkan Komentar

Greeting Pelantikan Bupati & Wakil Bupati Ketapang

Streaming triggernetmedia.com

Close Ads X