banner 468x60

Blokir Internet di Papua Belum Dicabut Penuh Kominfo

  • Bagikan
Menkopolhukam Wiranto (tengah) bersama para tokoh Papua dan Papua Barat menyampaikan keterangan terkait kondisi keamanan Papua di Jakarta, Jumat (30/8). [Suara.com/Arya Manggala]
banner 468x60

triggernetmedia.com – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah mencabut blokir internet di beberapa kabupaten/kota di Provinsi Papua dan Papua Barat. Meski begitu, pemerintah belum sepenuhnya membuka pintu dunia maya bagi warga di Bumi Cenderawasih.

“Kami sedang evaluasi apakah akan dibuka seluruhnya atau tidak,” ujar Plt. Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo Ferdinandus Setu pada Kamis sore (5/9/2019).

Sebelumnya, juga pada Kamis sore, Menkopolhukam Wiranto mengatakan bahwa blokir internet di Papua serta Papua Barat sudah dicabut sepenuhnya.

Baca juga  Bantah Kabar Ratusan Peneliti Eijkman Diberhentikan, Begini Kata Kepala BRIN

“Tadi saya mendapatkan laporan, keadaan memang sudah cukup kondusif, maka pembatasan internet tanggal 5 September ini sudah dicabut. Internet sudah normal,” ujar Wiranto dalam jumpa pers di kantor Kemenkopolhukam, Jakarta.

Namun, kalau situasi di kedua provinsi tanah Papua tersebut kembali bergejolak, Wiranto menegaskan bakal memberlakukan pembatasan layanan internet.

“Dengan catatan kalau keadaan memburuk, maka tentu pembatasan internet akan kami lakukan kembali,” dia mewanti-wanti.

Tetapi salah satu operator seluler yang beroperasi di Papua, XL Axiata, mengatakan akses internet di Papua belum sepenuhnya normal.

“Memang sudah dibuka kemarin malam, tapi masih per kabupaten dan kota,” jelas Direktur Teknologi XL Axiata Yessie D Yosetya, Kamis (5/9), seperti dikutip dilaman suara.com

Baca juga  Nama Karutan dan Kajaga Bareskrim Polri Terseret Kasus Penganiayaan Muhammad Kece

Sebelumnya, Kominfo sudah membuka kembali akses internet di 29 kabupaten/kota di wilayah tersebut. Untuk Papua terdapat 19 kabupaten/kota, sedangkan 10 lainnya berada di Papua Barat.

Liberty Jemadu | Tivan Rahmat

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *