banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

Wiranto Tegaskan Pemerintah Tak Minta Bantuan AS buat Selesaikan Masalah Papua

Menkopolhukam Wiranto (tengah), Kapolri Jenderal Tito Karnavian (kanan), dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. (Suara.com/Ummi Saleh).
banner 120x600

triggernetmedia.com – Menkopolkam Wiranto memastikan Indonesia Tak Minta Bantuan Amerika Tangani Konflik di Papua.

Dirinya menegaskan Indonesia tidak pernah meminta bantuan Amerika Serikat dalam menyelesaikan konflik di tanah Papua.

Sebab, kata dia, AS tidak memiliki wewenang untuk terlibat dalam menangani konflik di tanah Papua yang menuntut referendum kemerdekaan.

Menurut Wiranto, konflik di tanah Papua merupakan masalah dalam negeri yang tak seharusnya dicampuri pihak asing.

“Enggak ada minta tolong, minta tolong itu, ini kondisi negeri kita sendiri. Antarnegara, saling menghormati teritorial negara lain. Tidak mungkin suatu negara itu ikut campur urusan negara lain,” kata Wiranto saat jumpa pers di Gedung Kemenkopolhukam, Jakarta Pusat, Selasa (3/9) seperti dilansir suara.com.

Wiranto menegaskan, pada dasarnya Indonesia menganut prinsip politik luar negeri yang bebas dan aktif. Hanya, pemerintah Indonesia tidak ingin urusan dalam negeri turut dicampuri oleh pihak asing.

“Ini kan urusan kita, urusan rumah tangga kita, Papua Barat itu bagian sah dari timur-nya Indonesia seperti yang lain,” tegasnya.

Wiranto juga menegaskan, prinsip tersebut berlaku dalam hal apa pun yang menyangkut persoalan dalam negeri.

Dia mengatakan kembali, Indonesia tidak pernah meminta bantuan kepada Amerika dalam menangani konflik di Papua dan Papua Barat.

“Misal terjadi di Madura, masak saya minta tolong Prancis. Terjadi kerusuhan di Banten, minta Arab Saudi minta tolong. Enggak bisa. Selesaikan sendiri. Ada permasalahan kita selesaikan sendiri. Jadi itu enggak benar.” tegasnya.

Reza Gunadha | Muhammad Yasir

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *