banner 120x600 banner 120x600

Mendagri Akan Panggil Tiga Gubernur Bahas Kerusuhan di Manokwari

Aksi ujuk rasa berujung kerusuhan terjadi di Manokwari, Papua Barat, Senin (19/8). (STR / AFP)
banner 120x600
banner 468x60

triggernetmedia.com – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo akan memanggil tiga gubernur terkait unjuk rasa yang berujung kerusuhan di Manokwari, Papua Barat. Tiga Gubernur tersebut akan diminta untuk membentuk tim penanganan kerusuhan tersebut.

Tiga Gubernur yang bakal diundang mereka yang wilayahnya masih berkaitan dengan kejadian tersebut. Yakni Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Papua Lukas Enembe, dan Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan.

“Kami mendukung upaya Gubernur Papua Barat maupun Gubernur Papua, termasuk Gubernur Jatim untuk duduk bersama membentuk tim,” ujar Tjahjo di Kemendagri, Jakarta Pusat, seperti dilansir laman suara.com Senin (19/8).

Baca juga  Jokowi Naikan Anggaran Kartu Prakerja 2021 Jadi Rp 20 Triliun

Meski demikian, Tjahjo meminta pada tiga gubernur tersebut untuk menyelesaikan konflik di wilayahnya masing-masing terlebih dahulu.

“Karena Gubernur harus hadir di daerahnya masing-masing, karena tanggung jawab wilayahnya masing-masing, akan kami tunda,” kata Tjahjo.

Tujuan lainnya, Tjahjo ingin agar para Gubernur dari tiga wilayah itu untuk menahan diri tidak termakan isu miring yang beredar. Tiga Gubernur itu nantinya bakal dipanggil.

“Waktu yang tepat nanti setelah gubernur Papua kembali ke Jayapura, kami akan segera mengundang mereka,” jelas Tjahjo.

Demonstrasi mahasiswa di Manokwari diketahui merupakan bentuk protes atas insiden pengepungan asrama Papua di Surabaya pada Jumat (16/8).

Baca juga  Demo Tolak Omnimbus Law, Komnas HAM Minta Polri Hormati Hak Berpendapat

 

Dwi Bowo Raharjo | Fakhri Fuadi Muflih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.