banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

Masyarakat Bengkayang diimbau Jangan Membakar Lahan

Dok
banner 120x600

triggernetme – Wakil Bupati Bengkayang, Agustinus Naon kembali mengingatkan warga untuk tidak membakar lahan atau ladang sembarangan.

“Terutama bagi yang membuka lahan pertanian sebagai sebuah kearifan lokal. Hal tersebut guna menghindari kebakaran, dimusim kemarau ini,” jelasnya.

Agustinus mengakui, aturan larangan membakar lahan atau ladang hingga saat ini masih dilema bagi petani. Pasalnya dari segi aturan petani boleh membakar lahan  sebagai sebuah kearifan lokal dengan luas lahan maksimal 2 hektar, setiap kepala keluarga.

“Sementara itu, presiden menginstruksikan seluruh jajaran TNI-POLRI termasuk pemeritah masing-masing daerah wajib melarang masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran. Dengan tujuan agar dampak dari membakar tidak menimbulkan asap yang berdampak pada kesehatan,” ujarnya.

“Jika petani tidak berladang, maka masyarakat bisa akan kesulitan mendapatkan sumber mata pencarian, pokok kebutuhan pangan. Namun karena sudah aturan membakar sembarangan tidak boleh . Suka tidak suka wajib dilakukan sesuai perintah presiden,” sebut Agustinus Naon.

Menurutnya saat ini memang musim orang berladang. Hal inilah yang menjadi dilema Dilarang membakar, sementara ladang orang tidak bisa dibakar, dan itu artinya tidak bisa bertanaman, konsekuensinya petani akan kekurangan beras.

“Meskipun sebagian petani ladang sedang membuka lahan atau ladang dengan cara bakar, belum berdampak pada kabut asap yang signifikan, kita berharap hujan turun agar potensi karhutla dapat di minimalisir,” ucapnya.

Sementara itu, Kapolres Bengkayang AKBP Yos Guntur Yudi Fairus Susanto turut mengimbau kepada masyarakat terkait larangan pembakaran hutan dan  lahan.

Dalam  larangan yang dikeluarkan tersebut, Kapolres meminta agar masyarakat di kabupaten Bengkayang untuk tidak melakukan pembakaran hutan, Lahan dan kebun karena dampaknya  dapat merusak syaraf dan otak.

“Menimbulkan penyakit, menganggu transportasi  penerbangan baik lalu lintas di darat, dan laut. Serta menghambat pertumbuhan ekonomi. Mari kita jaga alam. Alam jaga kita,” tegas Kapolres.

Nar I Ariz

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *