Ekspor Kuartal II Tekor Jadi Penyebab Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Lambat

  • Bagikan
Proyek pembangunan gedung perkantoran di Jakarta.
banner 468x60

triggernetmedia.com –  Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pertumbuhan ekonomi Indonesia pada Kuartal II 2019 hanya sebesar 5,05 persen. Pertumbuhan itu lebih lambat dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya sebesar 5,27 persen.

Kepala BPS, Suhariyanto mengatakan, tekornya ekspor pada kuartal II jadi penyebab masih lambatnya pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Dia mengungkapkan, salah satu komponen pengeleluaran Produk Domestik Bruto (PDB) ini anjlok dari 7,65 persen pada tahun lalu menjadi -1,81 persen pada tahun ini.

Baca juga  Daya Beli Masih Lesu, September 2021 Terjadi Deflasi 0,04 Persen

“Untuk ekspor di kuartal II ini mengalami kontraksi 1,81 persen (yoy),” ujarnya di Kantor BPS, Jakarta, seperti dikutip dari laman suara.com Senin (5/8).

Menurut Suhariyanto, kondisi perekonomian global yang juga melambat ikut mendorong ekspor yang makin anjlok tersebut. Terutama perlambatan ekonomi di negara tujuan Ekspor yaitu China.

Baca juga  BPS dan Disdukcapil diminta Sinergi Suguhkan Satu Data

“Jadi kalau dilihat memang trennya ada perlambatan juga di globalnya,” imbuh dia.

Kendati demikian, tutur Suhariyanto, jika dilihat per kuartal, ekspor pada kuartal II membaik dibandingkan kuarta I 2019 yang sebesar -2,08 persen.

“Tapi kalau kita lihat quarter to quarter, mulai ada perbaikan,” ucap dia.

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *