banner 120x600 banner 120x600

Puluhan Tahun Menanti, Warga Hulu Sungai Kini Miliki Akses Darat

Proses Pembukaan akses darat dilakukan Satgas TMMD 1203/Ketapang 2019 menggunakan alat berat, sekaligus memangkas rentang waktu wilayah terisolir 28/7/2019 (Foto : Ist).
banner 120x600
banner 468x60

triggernetmedia.com – Warga Desa Sekukun di Kecamatan Hulu Sungai, Kabupaten Ketapang mengaku senang atas pembangunan yang dilakukan oleh TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD). Khususnya terhadap Satgas TMMD 1203/Ketapang yang telah mewujudkan terlaksanaya pembangunan infrastruktur dasar yang dirasakan sudah puluhan tahun sekedar jadi harapan masyarakat.

“Akhirnya sekarang sudah bisa dibuka aksesnya oleh pihak TNI. Kami bangga pastinya, karena ini merupakan Program Karya Bhakti Satgas TMMD 1203/Ketapang yang benar-benar menyentuh bagi kelangsungan masyarakat,” ungkap Ketua perkumpulan Bihak Sekayuq, Sabinus Andi, Minggu (28/7).

Sabinus Andi lagi-lagi mengaku bahwa dirinya dan masyarakat Hulu Sungai begitu senang atas terbukanya akses darat yang kini menghubungkan 6 Desa. Desa tersebut yakni Desa Beginci Darat, Desa Sekukun, Desa Batu Lapis, Desa Cinta Manis dan Desa Riam Dadap terhubung antara satu desa dengan desa lain dengan kota Sandai.

“Terimakasih banyak kepada pihak Satgas TMMD. Program Karya Bhakti tahun ini benar-benar nyata membuka akses darat di tempat kami, sehingga sekarang bisa dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat,” ujarnya.

Baca juga  Tahapan Pilkada Ketapang Berpotensi Jadi Klaster Baru Kasus COVID-19

Sabinus Andi mengatakan, dengan terbukanya jalur darat sebagai akses penting masyarakat. Hal tersebut akan memudahkan masyarakat khususnya di wilayah Bihak Hulu menuju kota kecamatan. Akses tersebut kini dapat mempersingkat waktu tempuh dan biaya yang lebih murah. Sebab, jika dibandingkan harus melalui jalur sungai memang cukup memakan waktu lama dan biayanya diakui kebih besar.

“Bayangkan masyarakat harus mengeluarkan biaya hingga satu jutaan, tapi saat ini akses darat sudah bisa dilalui. Artinya masyararakat kita sangat terbantu, dan dari segi pengeluaran biaya perjalanan lebih bisa ditekan,” ujarnya lagi.

Lebih lanjut Sabinus Andi menambahkan, pihaknya sangat menyambut baik adanya program dan giat Satgas TMMD 1203/Ketapang tahun ini. Sebab sebelumnya sudah puluhan tahun masyarakat kesulitan karena tidak memiliki akses darat. Dia juga berharap dengan terbukanya akses darat itu, Pemerintah Daerah dapat memberikan penegasan terhadap status kawasan hutan di wilayah tersebut agar tidak menimbulkan persoalan dikemudian hari.

Baca juga  Musrenbang Pontianak Kota, ERKA: Tuntaskan Jalan Paralel di Pontianak Kota

“Sekali lagi kami sangat berterimakasih atas peran Satgas TMMD 1203/Ketapang yang benar-benar membangun di kampung kami ini. Namun, kita tentunya mengharapkan Pemerintah Daerah juga segera menyelesaikan persoalan status hutan dikawasan kita ini ke kementrian terkait. Dan akses darat yang dtelah di buka oleh TNI melalui TMMD ini dapat dilakukan proses peningkatan jalan dan jembatan bagi kepentingan masyarakat,” timpalnya.

Pewarta : Jhon
Editor : Ariz

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.