Pentingnya Bangun Desa dengan Inovasi

  • Bagikan
banner 468x60

KUBU RAYA (triggernetmedia.com) – Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan, menyebut pentingnya inovasi dan terobosan dalam mengejar target sasaran pembangunan daerah.

“Program-program pembangunan di manapun di seluruh Indonesia bersifat pasti dan standar. Sehingga yang lebih dibutuhkan adalah kecepatan dalam mengejar target sasaran tersebut melalui sebuah evaluasi,” ungkapnya.

Kalau bicara kabupaten bahkan provinsi, ujar Muda, semua sudah ada program-program yang bersifat pasti di berbagai sektor.

“Tapi inilah yang kita kejar, yaitu bagaimana kita berupaya mempercepat pencapaian sasaran itu,” ujarnya saat membuka kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) Kecamatan Batu Ampar di Aula Kantor Camat Batu Ampar, Senin (18/3).

Baca juga  Sekarang Uji Swab Covid-19 Bisa di Lab RS Untan Pontianak

Musrenbang kecamatan, kata Muda, sebagai peluang dan kesempatan untuk memulai sebuah perencanaan pembangunan dengan sasaran yang konkret, yaitu harus ada hal-hal yang faktual yang mendarat pada persoalan-persoalan nyata.

Target yang ingin dikejar, kata dia, adalah peta jalan dan peta kerja dengan cara kerja yang inovatif.

“Karena kalau hanya program itu sudah pasti bunyinya. Hampir sama di seluruh Indonesia. Tapi langkah-langkah percepatan, terobosan, dan inovasi, itulah yang dibutuhkan di daerah kita bahkan di negeri ini,” tegasnya.

Bupati Muda kemudian mengatakan musrenbang kecamatan bertujuan agar nantinya ada kecepatan-kecepatan dalam menangani problem-problem di berbagai sektor di tingkat desa. Agar hal-hal yang bisa ditangani di desa tidak perlu ke kabupaten dan pusat. Semuanya dapat dilakukan dengan cepat, tepat, dan dan efektif.

Baca juga  Komnas HAM: Hasil Penyelidikan Soal TWK KPK Bersifat Mengikat dan Tak Terbantahkan

“Di sinilah esensi sebetulnya bahwa kalau kita mengejar sesuatu tentu kita akan mengevaluasi apa yang terjadi di waktu lalu. Menyusun rencana kita pasti mengevaluasi dulu apa yang kurang, itu yang harus diperbaiki ke depan. Semuanya harus berdasarkan fakta dan data. Tidak bisa hanya retorika politik tanpa argumen yang kualitatif dan kuantitatif. Supaya kita bisa berpikir rasional dan visi pun benar-benar mendarat ke persoalan masyarakat,” pungkasnya.

Pewarta : Rio / Humas Pemkab. Kubu Raya
Editor : Arizbroadcaster

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *