Hulu Sungai di Ketapang Kebanjiran, Ketinggian Air 2 Meter

Trigger Netmedia - 3 Maret 2019
Hulu Sungai di Ketapang Kebanjiran, Ketinggian Air 2 Meter
 - ()

KETAPANG (triggernetmedia.com) – Sejumlah desa di Kecamatan Hulu Sungai dan Sandai dilanda banjir sejak Jum’at (1/3). Akibatnya, kini sejumlah warga memilih mengungsi.

“Namu diantaranya masih memilih bertahan,” kata Sinaga, warga Hulu Sungai.

Ketinggian air saat ini masih bervariasi. Namun di Hulu Sungai dikabarkan ketinggian air sudah mencapai dua meter.

Banjir diduga akibat terdampak hujan deras yang mengguyur wilayah tersebut secara berturut-turut sejak sepekan terakhir.

“Banjir terjadi sejak Jum’at (1/3), beberapa desa di dua Kecamatan yang terendam banjir diantaranya Desa Benua Krio, Senduruhan, Krio Hulu serta di beberapa desa di Kecamatan Sandai,” ujar Sinaga.

Baca juga  Pandemi COVID-19, Imigrasi Optimalkan Pengawasan di Perbatasan Jagoi Babang

Sinaga menyatakan, jika kondisi banjir saat ini berangsur surut, kemungkinan banjir bisa saja semakin meninggi. Sebab, kondisi hujan deras masih terus terjadi saat ini.

“Terlebih sejumlah desa yang sudah terendam banjir itu berada dikawasan rendah dan didekat bantaran sungai. Seperti itulah kondisinya saat musim penghujan, banjir kerap melanda pemukiman warga desa,” ungkap Sinaga.

Meski tidak menimbulkan korban jiwa. Hingga kini ratusan rumah di Hulu Sungai terdampak banjir.

Banjir kali ini, ungkap Sinaga, merupakan banjir yang cukup besar. Karena ketinggian air dinilai tidak seperti biasanya.

Baca juga  Jokowi Klarifikasi, Abdillah Toha: Pemerintah Gagal dalam Komunikasi Publik

“Selain curah hujan yang tinggi, boleh jadi kondisi lingkungan memang sudan rusak, karena aktivitas Ilegal loging dan Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) di wilayah perhuluan sungai,” sebut Sinaga.

Warga pun berharap bantuan Pemerintah. Dikatakan, saat ini beberapa ruas jalan yang terdampak banjir, bahkan sudah tidak dapat ditempuh kendaraan.

Ketika dikonfirmasi, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ketapang, Uti Aliansyah menyatakan pihaknya masih berada diluar kota dan akan segera menindaklanjuti informasi tersebut.

“Besok akan kami berikan infonya, karena masih diluar kota saat ini,” kata Uti Aliansyah.

Pewarta : Jhon
Editor : Arizbroadcaster

Tinggalkan Komentar

Streaming

Close Ads X