UKM KKR Raih Penghargaan Siddhakarya Pemprov Kalbar

Trigger Netmedia - 28 Januari 2019
UKM KKR Raih Penghargaan Siddhakarya Pemprov Kalbar
 - ()

KUBU RAYA (triggernetmedia.com) – UMKM Citra Rasa Mandiri, Kubu Raya memenangkan penghargaan Siddhakarya 2018 kategori perusahaan kecil.

“Atas keberhasilan itu kita mendapat apresiasi dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat,” ungkap bupati Rusman Ali yang juga pembina UMKM di Kubu Raya.

Penyerahan piagam, kata Rusman Ali dilakukan langsung oleh Gubernur Kalimantan Barat, H. Sutarmidji pada Upacara Peringatan HUT ke-62 Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat di halaman Kantor Gubernur Kalimantan Barat, Senin (28/1).

Piagam ucapan terima kasih dari Pemprov Kalbar tersebut adalah bentuk apresiasi atas peran aktif Bupati Kubu Raya dalam menyukseskan pembinaan dan pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah di wilayah Kabupaten Kubu Raya.

Wakil Bupati Kubu Raya, Hermanus mewakili Bupati Rusman Ali saat menerima penghargaan itu.

Baca juga  DMI Kota Pontianak Gelar Musda

Hermanus menerangkan penghargaan Siddhakarya merupakan penghargaan produktivitas yang diberikan kepada perusahaan atau usaha kecil menengah.

“Penghargan tersebut sebagai bentuk apresiasi pemerintah terhadap pengelolaan perusahaan atau UKM yang secara simultan menunjukan peningkatan produksi usaha yang dilakukan. Baik dari sisi manajemen maupun penghasilan atau pendapatannya,” jelasnya.

Untuk kategori perusahaan kecil, kata Hermanus, hanya satu perusahaan dari Kabupaten Kubu Raya dan dua perusahaan lagi dari Kota Pontianak yang meraih penghargaan.

“Siddhakarya sebagai penghargaan yang membanggakan. Hal itu dikarenakan banyaknya kriteria yang harus dipenuhi oleh perusahaan untuk bisa meraih penghargaan tersebut,” ujar Hermanus.

Sejumlah kriteria dalam penilaian Siddhakarya yakni dari aspek kepemimpinan, perencanaan strategik, pengembangan kompetensi sumber daya manusia dan organisasi, serta orientasi pelanggan dan perluasan pasar.

Baca juga  Jaksa Pinangki Sebut Andi Irfan Punya Banyak Jaringan

“Selain itu harus ada data, informasi dan analisa. Juga manajemen proses, hasil usaha, dan produktivitas,” sebut Hermanus.

Pemilik usaha Citra Rasa Mandiri, Siti Rohmah, menyataan pihaknya sejak beberapa waktu lalu telah menyasar konsumen hingga di luar daerah.

Hal itu di antaranya disebabkan sertifikasi halal yang telah didapat dari LPPOM MUI Kalimantan Barat.

Menurut Siti, sertifikasi diperoleh melalui fasilitasi Kementerian Koperasi dan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya.

“”Konsumen lebih minat untuk membeli produk yang berlabel halal. Buktinya produk kami setelah memiliki label halal lebih laris terjual, memasarkannya pun lebih mudah karena sudah terjamin,” ujarnya.

Pewarta : Rio / Humas Pemkab. Kubu Raya
Editor : Arizbroadcaster

Tinggalkan Komentar

Streaming

Close Ads X