Ruang Komputer BKPSDM Ketapang Terbakar

  • Bagikan
banner 468x60

KETAPANG (triggernetmedia.com) – Diduga akibat arus pendek listrik, ruangan labolatorium Computer Assisted Tes (CAT) di Kantor Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Ketapang terbakar, Senin (21/1) pagi.

“Sebanyak 55 unit komputer serta beberapa barang elektronik lainnya hangus terbakar. Kerugianpun ditaksir mencapai ratusan juta rupiah,” kata Raul salah satu staf BKPSDM Kabupaten Ketapang.

Sebelum terjadi kebakaran, ungkap Raul, dirinya melihat listrik dibagian belakang Kantor termasuk ruang CAT mati. Melihat hal tersebut dia mencoba untuk menghidupkan listrik melalui panel Kwh.

“Sempat mau naikkan stut untuk hidupkan lampu cuma kayaknya tak bisa, jadi saya memanggil rekan dibagian umum memberitahukan listrik bagian belakang mati,” ceritanya.

Raul melanjutkan ceritanya, tak lama kemudian staf bagian umum datang dan langsung menaikkan stut listrik, berselang waktu kemudian lampu menyala. Hanya saja tak lama berselang tercium bau hangus.

Baca juga  BPK Ingatkan Pemerintah Jangan Sembrono Tarik Utang di Tengah Pandemi

“Setelah dicek ternyata ruang komputer sudah berasap, kemudian stut dimatikan lagi tapi sudah terlambat apinya sudah menyala dari AC Duduk yang berada didalam ruangan,” ujarnya.

Raul mengaku sempat akan memadamkan api dengan menyiramnya.

“Namun, karena asap mengepul, terpaksa membatalkan niat dan langsung memanggil pemadam kebakaran,” jelasnya.

Sementara, Kepala Bidang Pengadaan dan Mutasi Aparatur Sipil Negara BKPSDM Ketapang, Endo, mengatakan pihaknya belum mengetahui secara pasti penyebab kebakaran. Dikatakannys dugaan sementara akibat konsleting listrik.

“Kejadiannya sekitar pukul 08.30 WIB. Ada suara ledakan kemudian asap tebal dan api dari ruangan lab komputer. Melihat itu makanya tadi para pegawai yang berada di Kantor langsung berlarian keluar,” kata Endo.

Baca juga  Liverpool Menang 2-0 di Kandang Leipzig

Beruntung api dapat segera dipadamkan oleh Damkar Pemda Ketapang. Kebekaran dapat dicegah dan tidak membesar hingga tak merembet keruangan lainnya.

“Ruangan lainnya aman, yang terbakar cuma ruangan lab komputer yang didalamnya terdapat 55 unit komputer. Kondisinya sudah gosong akibat terkena hawa panas dan disiram air saat pemadaman berlangsung. selain itu ada juga AC yang meleleh. Untuk jumlah pasti kerugian belum tahu kemungkinan ratusan juta, tapi akan kita data dulu,” sebut Endo.

Pewarta : Jhon
Editor : Arizbroadcaster

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *