Pemkab KKR Apresiasi Pentingnya Restorasi Lahan Gambut

Trigger Netmedia - 12 November 2018
Pemkab KKR Apresiasi Pentingnya Restorasi Lahan Gambut
 - ()

KUBU RAYA (triggernetmedia.com) – Bupati Kubu Raya, Rusman Ali mengapresiasi dan memberikan dukungan atas upaya yang dilakukan berbagai pihak dalam menjaga dan merawat serta memelihara lahan gambut di wilayah Kabupaten Kubu Raya. Sebab, hal tersebut merupakan bentuk komitmen penting berbagai dalam merestorasi lahan gambut.

“Kami sangat mendukung untuk pelaksanaan restorasi gambut di Kubu Raya. Mengingat lahan gambut di Kubu Raya sangat luas, yang harus kita jaga bersama untuk kemaalahatan generasi dan anak-anak cucu kita pada masa yang akan datang,” kata kepala Lingkungan Hidup, Perumahan Rakyat dan Pemukiman Penduduk, Nendar Soehari membacakan sambutan resmi Bupati Rusman Ali, pada pembukaan koordinasi dan fasilitasi restorasi gambut Provinsi Kalbar 2018 di Kubu Raya, Senin (12/11).

Bupati Kubu Raya, Rusman Ali, kata Nendar Soehari, menyebut hal yang paling penting yang harus dilakukan dalam restorasi lahan gambut adalah pembinaan dan pendampingan kepada masyarakat, serta fasilitasi terhadap kelompok tani dan gabungan kelompok tani tentang bagaimana membuka lahan tanpa bakar.

Baca juga  Kapolres Mempawah Kena Sanksi Internal

“Sehingga kebakaran hutan dalan lahan gambut di Kabupaten Kubu Raya dapat terus ditekan. Dengan demikian masyarakat yang ada disekitar lahan gambut sejahtera serta gambut tetap terjaga kelestariannya,” sebutnya.

Selain memberikan edukasi dan fasilitasi serta pembinaan kepada masyarakat, dikatakan utamanya solusi untuk tidak membuka lahan pertanian dengan cara bakar di lahan gambut.

“Maka dengan demikian secara perlahan kebakaran hutan dan lahan gambut dapat dicegah, dan tidak lagi terjadi dimasa-masa yang akan datang,” sebut Nendar Soehari melanjutkan pesan bupati Rusman Ali.

Sementara, Ketua Harian Badan Restorasi Gambut Kaimantan Barat, Adi Yani, mengatakan, restorasi gambut memiliki tugas untuk melakukan revegetasi. Revegetasi merupakan salah satu pilar utama dalam restorasi gambut sebagai upaya untuk melakukan pemulihan tutupan lahan pada ekosistem gambut.

Baca juga  Sidang Lanjutan Ujaran Kebencian, JPU Tanggapi Eksepsi Penasehat Hukum Isa Anshari

“Melalui penanaman jenis tanaman alih fungsi, khususnya menyangkut fungsi lindung, atau dengan jenis tanaman lain yang adaptif dan memiliki nilai ekonomi pada fungsi budidaya,” jelasnya.

Disamping itu, sebut Adi Yani, yang harus dilakukan adalah skat kanal untuk menahan air agar gambut tetap basah. Dengan gambut pada kondisi basah tidak akan terjadi kebakaran hutan dan lahan gambut.

“Kita fokus pada upaya melakukan rehabilitasi, rewetting atau pembasahan dan revitalisasi lahan-lahan gambut. Bagaimana agar lahan gambut tetap terawat dan memberikan peningkatan ekonomi bagi masyarakat sekitar,” ujarnya.

Pewarta : Situmeang / Humas Pemkab. Kubu Raya
Editor : Arizbroadcaster

Tinggalkan Komentar

Streaming

Close Ads X