banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

Awas Kolesterol Meningkat Jelang Lebaran

Ani Maulani, AMd Gizi, saat memberikan penyuluhan tentang Waspada Kolesterol Meningkat kepada pasien dan pengunjung Rumah Sakit Umum Daerah Sultan Syarif Mohamad Alkadrie (SSMA) Kota Pontianak, Senin (2/4).
banner 120x600

triggernetmedia.com – Hari Kemenangan sebentar lagi akan tiba, umat Islam di seluruh dunia akan merayakan hari Idul Fitri di mana makanan yang lezat menjadi hal lazim yang biasanya dihidangkan untuk menjamu tamu atau keluarga.

Namun, bagi mereka yang memiliki riwayat kolesterol tinggi, hal ini perlu diwaspadai dan lebih selektif dalam memilih menu makanan yang dihidangkan ketika Lebaran, terutama makanan yang banyak mengandung santan, lemak, dan gula tinggi.

Hal itu disampaikan oleh Ani Maulani, AMd Gizi, saat memberikan penyuluhan tentang Waspada Kolesterol Meningkat kepada pasien dan pengunjung Rumah Sakit Umum Daerah Sultan Syarif Mohamad Alkadrie (SSMA) Kota Pontianak, Senin (2/4).

Menurut Ani, kolesterol dalam jumlah yang cukup sebetulnya diperlukan tubuh agar tetap sehat karena kolesterol juga digunakan untuk memproduksi selaput sel dan beberapa jenis hormon serta menjalankan beberapa fungsi tubuh lainnya.

“Namun, kolesterol yang berlebihan di dalam tubuh dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah yang disebut aterosklerosis,” ujarnya.

Dia mengimbau agar masyarakat dapat mengatur pola makan dan mewaspadai penyebab kolesterol dengan, antara lain, mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan serta kaya serat, seperti sayur dan buah.

“Silakan menikmati aneka menu khas Lebaran seperti opor, sate, rendang, gulai, sambal goreng hati, dan berbagai jenis kudapan, namun jangan terlalu berlebihan,” pungkasnya.

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *