banner 120x600

Polri Ibarat Sapu Lidi, Jokowi: Harus Bersih dan Lurus

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengibaratkan Polri seperti sapu lidi harus bersih dan lurus dalam HUT Bhayangkara ke-77, Sabtu (1/7/2023). (tangkap layar/Antara)
banner 120x600

triggernetmedia.com – Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi mengingatkan Polri tidak boleh ada blok-blokan. Hal otu disampaikan Jokowi saat memberikan sambutan pada Peringatan ke-77 Hari Bhayangkara di Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (1/7/2023).

Jokowi kemudian mengibaratkan institusi Polri seperti sapu lidi. Di mana, masing-masing lidinya harus bersih, lurus, kuat, serta diikat dengan kesatuan dan sinergitas.

“Polri itu ibarat sapu lidi, masing masing lidi harus bersih, harus lurus, harus kuat, yang harus diikat dengan semangat kesatuan dan sinergitas. Tidak boleh lagi ada blok-blokan, tidak boleh lagi ada patron-patronan,” kata Jokowi.

Lebih lanjut, Jokowi meminta Polri untuk menjaga betul kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) sejak level rekrutmen. Sistem promosi di Polri, juga harus diperbaiki.

Tidak hanya itu, kepala negara meminta agar pengawasan dan kedisiplinan terhadap anggota Polri diperketat.

Menurutnya tantangan Polri ke depan akan semakin berat, bukan semakin ringan. Tantangan itu, antara lain, keamanan dan ketertiban masyarakat yang harus dikawal ketat, dan proyek prioritas nasional seperti Ibu Kota Nusantara (IKN) yang harus dikawal secara serius.

Polri kata Jokowi, juga harus bisa meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat serta mengantisipasi kejahatan dengan teknologi yang semakin canggih.

“Semua ini butuh kesigapan dan kecepatan, butuh penguasaan teknologi dan inovasi, butuh komunikasi publik yang baik,” kata Jokowi.

Presiden Jokowi meminta Polri untuk terus mengabdi kepada masyarakat tanpa henti.

“Jadilah Bhayangkara sejati yang mengabdikan tanpa henti kepada masyarakat, bangsa, dan negara untuk kemajuan Indonesia. Dirgahayu Kepolisian Negara Republik Indonesia,” kata dia. Disitat dari laman suara.com.

Hari Bhayangkara merupakan hari Kepolisian Nasional yang diambil dari momentum turunnya Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 11 Tahun 1946. Setiap 1 Juli diperingati sebagai Hari Bhayangkara.

Pada tahun ini, Polri melalui peringatan HUT Korps Bhayangkara menegaskan perannya dengan Tema “Polri Presisi Untuk Negeri, Pemilu Damai Menuju Indonesia Emas”.

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *