banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

Bupati dan Wabup Kapuas Hulu Kompak Hadiri Hari Jadi Kerajaan Jongkong Ke 223 Tahun

Peringatan hari jadi kerajaan Jongkong ke 223 tahun. kegiatan tersebut dilaksanakan di Kecamatan Jongkong, Kapuas Hulu, pada Minggu (19/02/2023)
banner 120x600

triggernetmedia.com – Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan menghadiri hari jadi kerajaan Jongkong ke 223 tahun. kegiatan tersebut dilaksanakan di Kecamatan Jongkong, Kapuas Hulu, pada Minggu (19/02/2023). Dengan mengangkat tema “Dengan memperingati hari jadi kerajaan Jongkong yang ke 223 Tahun, mari kita bangkit dalam keberagaman, maju dalam kebersamaan, mewujudkan masyarakat Jongkong Hebat, Bermartabat dan Berbudaya,”.

Pada kesempatan tersebut Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan menyampaikan, apresiasi atas terlaksananya kegiatan tersebut, dimana kegiatan ini sangat – sangat positif khususnya bagi warga kecamatan jongkong dan Kapuas hulu, sehingga masyarakat Kabupaten Kapuas Hulu juga mengenal bahwa di kecamatan jongkong juga pernah ada pemerintahan atau kerajaan.

“Kami juga berterima kasih kepada seluruh panitia dan seluruh pihak yang terlibat, sehingga kegiatan ini bisa terlaksana dengan baik, mudah mudahan di tahun – tahun berikutnya bisa terlaksana kembali,” katanya.

Lanjut Bupati Kapuas Hulu yang karib disapa Bang Sis, Kabupaten Kapuas Hulu sudah ada calender of even, termasuk di dalamnya ada hari ulang tahun kerajaan jongkong, ini sudah bisa kita tetapkan sebagai agenda tahunan, untuk tahun tahun berikutnya, tentu ini bisa kita laksanakan kembali, dengan bantuan dan dukungan seluruh pihak terutama kami dari Pemerintah Daerah Kapuas Hulu akan membantu untuk terlaksananya kegiatan ini.

“Selamat kepada seluruh masyarakat jongkong atas terlaksananya kegiatan ini, tentu bukan hanya dalam rangka memperingati kerajaan ini saja, tatapi bagaimana kita juga menggali seluruh potensi adat budaya yang terjadi pada masa lalu, yang masih dipertahankan sampai saat ini,” ujarnya.

Bagaimana tadi kita melihat Tambah Bupati Sis, penampilan anak – anak, mereka masih mempertontonkan dan membawa tari tarian, berati ini sudah terjadi dari jaman kerjaaan dulu kala, sehingga anak anak kita sampai saat ini masih mengenal budaya – budaya kita pada massa lalu, tadi kita juga sudah mendengar silsilah dari kerajaan jongkong, yang di sampaikan oleh keturunan ke 4 dari raja ke 5 tadi bahwa panjang sekali ceritanya dan yang menarik dari yang di sampaikan tadi bahwa, untuk raja pertama kerajaan jongkong ternyata berasal dari suku orang Dayak.

“Ini membuktikan bahwa kita di kabupaten Kapuas hulu berasal dari satu garis keturunan yang sama, cuma mungkin kita hanya berbeda keyakinan berbeda agama saja, tetapi secara asal muasal kita adalah satu keturunan,” katanya.

Oleh sebab itu Kata Bupati Sis, saya kembali mengingatkan kita seluruh kabupaten Kapuas hulu harus selalu menjaga kerukunan antar umat beragama, selalu harmonis, menjaga persatuan dan kesatuan kita di kabupaten Kapuas hulu yang kita cintai ini,

“Selamat kepada seluruh masyarakat jongkong atas terlaksananya kegiatan ini mudah mudahan tahun depan kegiatan ini bisa kita laksana dengan lebih baik lagi, kita memahami untuk tahap awal ini mungkin masih banyak yang belum terlaksana dengan baik, kita pahami karena mungkin perlu evaluasi kembali, setelah kegiatan ini mungkin panitia berserta seluruh jajarannya, bisa mengevaluasi kembali apa yang kurang, apa yang perlu ditambahkan kembali, sehingga untuk pelaksanaan lebih mantap lagi, lebih meriah lagi dan lebih hebat lagi,” pungkasnya. (*)

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *