banner 120x600 banner 120x600

Potret Marilyn Monroe Laku Rp2,8 Triliun, Jadi Karya Seni Termahal Abad Terkini

Potret Marilyn Monroe karya Andy Warhol. (dok. ANTARA)
banner 468x60

triggernetmedia.com – Potret Marilyn Monroe karya seniman Andy Warhol berhasil dilelang dengan harga mencapai 195 juta dolar AS (Rp2,8 triliun). Karya ini jadi karya seni abad ke-20 yang paling mahal yang pernah dilelang.

Karya yang diberi nama “Shot Sage Blue Marilyn” itu dibuat pada 1964, dua tahun setelah kematian Marilyn Monroe. Dalam pelelangan di pelelangan  Christie’s di Manhattan, pembeli menawarkan uang 195.04 juta dolar AS untuk karya terkait.

Mengutip dari AFP pada Selasa (10/5/2022), puluhan rekanan Christie’s berada di ruangan sambil memegang telepon sambil menerima pesanan dari pembeli potensial. Rumah lelang itu mengatakan dalam konferensi pers bahwa pemenang lelang untuk “Marilyn” berlangsung di dalam ruangan.

Baca juga  Tes Kepribadian: Pilih Salah Satu Merek Smartphone Favorit Anda

Meski demikian, karya itu terjual dibawah target awal yang mencapai 200 juta dolar AS. Namun demikian, karya seni itu melampaui rekor karya abad ke-20 “Women of Algiers” dari Pablo Picasso yang dilelang 179,4 juta dolar AS pada 2015.

Alex Rotter, kepala seni abad ke-20 dan ke-21 di Christie’s, menyebut lukisan itu “lukisan abad ke-20 paling signifikan yang akan dilelang dalam generasi ini.”

“Marilyn dari Andy Warhol adalah puncak mutlak dari American Pop dan janji dari American Dream yang merangkum optimisme, kerapuhan, selebritas, sekaligus ikonografi,” kata dia. Dinukil dari suara.com.

Seniman pop itu menghasilkan lima potret Monroe, semuanya berukuran sama dengan latar belakang warna yang berbeda, pada tahun 1964. Lukisan itu dibuat dari foto promosi Monroe dari film “Niagara” (1953).

Baca juga  Satu Dekade Terakhir Kubu Raya Dengan Pertumbuhan Ekonomi Tertinggi di Kalbar

Dalam sebuah kabar yang dikutip dari sumber yang sama menyebut, empat potret Monroe jadi terkenal setelah seorang seniman bernama Dorothy Podber bertanya kepada Warhol apakah dia boleh menembak potret tersebut.

Warhol menyetujuinya, lantaran ia mengira Podber akan memotret karya tersebut. Ternyata, Podber mengeluarkan senjata dan menembakkan peluru ke kening gambar Monroe.

Dikutip dari Reuters, Monroe adalah salah satu bintang terkenal di Hollywood yang meninggal akibat overdosis di rumahnya di Los Angeles pada 4 Agustus 1962.

banner 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.